Ternyata MRT Tidak Akan Hanya Ada di Jakarta Saja

0
Ilustrasi MRT via mclaren com
KabarUang.com, Jakarta – Tak lama lagi kini Moda Raya Terpadu atau yang disingkat dengan MRT Jakarta dioperasikan. Kereta bawah tanah pertama ini yang ada di Ibu Kota Jakarta dijadwalkan diresmikan oleh Presiden Jokowi, Minggu tanggal 24 Maret 2019.

Setelah Jakarta, pemerintah mempertimbangkan Mass Rapid Transit dibangun juga di sejumlah kota lain di Indonesia. Berikut beberapa fakta yang dirangkum oleh Okezone, mengenai pembangunan MRT di luar Jakarta, Sabtu (23/3/2019):

1. Palembang hingga Bandung Jadi Kota Keberadaan MRT Selanjutnya

Kehadiran moda transportasi massal itu sangat diharapkan membangun budaya baru masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Diantara di kota-kota yang disiapkan mengembangkan MRT adalah Bandung, Palembang, Makassar, Surabaya, dan juga Medan. Sejauh ini lima kota tersebut masih melakukan studi kelayakan atau feasibility study (FS).

Baca Juga  Presiden Jokowi, Ini Agenda Pertemuan APEC Dikawasan Jakarta

“Ini kan FS dulu. Kalau untuk Jakarta, sangat mendesak, tapi kota-kota lain seperti Palembang, Sumut (Medan), Bandung, Surabaya, dan Makassar, saya kira juga harus disiapkan, jangan terlambat seperti kita yang di Jakarta,” ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di selasela uji coba MRT di Jakarta kemarin seperti dikutip dari okezone com

2. Kajian MRT di Luar Jakarta Harus Matang

Rencana pengembangan transportasi massal berbasis rel di sejumlah kota tersebut juga sangat cukup ambisius, akan tetapi tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai sarana prasarana yang dibangun dengan investasi mahal kurang optimal dalam pemanfaatannya.

Selain itu, konsep integrasi juga harus sangat benar-benar dijadikan patokan agar antar satu moda dengan moda transportasi lainnya bisa saling melengkapi dan juga tidak berkompetisi. Contohnya pemanfaatan moda LRT di Palembang yang sampai saat ini dilaporkan masih sepi penumpang.

Baca Juga  Pertamina-Saudi Aramco Berpotensi Gagal Kerjakan Kilang Cilacap

3. MRT di Luar Jakarta Dinilai Masih Kurang Efisien

Pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, yakni Djoko Setijowarno mengatakan, rencana pemerintah yang akan menambah transportasi MRT di sejumlah kota selain Jakarta dinilai tidak akan efisien. Menurut dia bahkan pemerintah sebaiknya memanfaatkan pembangunan transportasi yang paling cepat dikerjakan dan murah. 

“Misalnya membuat transportasi umum berbasis jalan raya. Contoh paling bisa dengan membuat sistem Bus Rapid Transit atau BRT. Ini mirip-mirip dengan Transjakarta,” ujar dia kepada KORAN SINDO seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  PT Pelabuhan Indonesia Siapkan Belanja Modal Sebesar Rp 11,6 Triliun Tahun 2019

Dia juga menilai, pemerintah jangan melompat terlalu jauh dengan membangun transportasi berbasis MRT di luar Kota Jakarta. Djoko sudah berkaca pada proyek LRT di Sumatera Selatan yang hitung-hitungannya sangat jauh dari perkiraan.

“Ya, takutnya kalau dibangun dengan biaya mahal, nanti tidak laku di masyarakat. Jadi pertimbangannya banyak, termasuk ada jaminan subsidi dari pemerintah daerah setempat. Kalau LRT Sumsel, kan penumpangnya jauh dari perkiraan atau di bawah 50%,” ungkapnya seperti dikutip dari okezone com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here