Tarif MRT Ternyata Masih Bimbang dari Rp8.500 Jadi Rp14.000

0
Ilustrasi MRT via mldspot com
KabarUang.com, Jakarta – Tarif Moda Raya Terpadu atau yang disingkat dengan MRT Jakarta fase I yang pada akhirnya telah resmi ditetapkan dengan tarif sebesar Rp14.000 dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Tarif ini juga dinyatakan lebih tinggi dari keputusan DPRD DKI yang sebelumnya memutuskan tarif MRT hanya sebesar Rp8.500 per 10 kilometer (km).

Tarif MRT ini juga diputuskan pada hari Selasa, tanggal 26 Maret 2019 setelah adanya kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan juga DPRD DKI. Sebelumnya sempat terjadi polemik karena adanya beda pendapat legislatif dan juga eksekutif.

Berikut fakta-fakta tarik ulur harga MRT dari yang awalnya Rp8.500 jadi Rp14.000 seperti yang dirangkum oleh Okezone com, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

1. Tarif MRT Bundaran HI-Lebak Bulus Rp14.000

Tarif MRT Jakarta akhirnya telah resmi ditetapkan. Untuk keberangkatan dari Stasiun Bundaran HI ke Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau sebaliknya, tarifnya yakni sebesar Rp14.000 sekali jalan.

Baca Juga  Industri Pariwisata Sebagai Penopang Ekonomi Bangsa

Tarif itu diputuskan usai adanya kesepakan bersama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan juga DPRD DKI, pada hari Selasa (26/3/2019), setelah sempat terjadi polemik karena adanya beda pendapat legislatif dan eksekutif.

“Alhamdulilkah sudah disepakati angkanya sesuai yang tercantum dalam tabel ini dan inilah yang akan juga diumumkan kepada masyarakat pengguna MRT diJakarta,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Gedung DPRD DKI seperti dikutip dari okezone com

2. Tarif MRT Paling Murah Rp3.000

Tarif MRT yang ditetapkan berbeda-beda tergantung jarak tempuh antar stasiun. Tarif paling murah disepakati yakni dengan harga Rp 3.000.

“Penghitungannya berdasarkan pada jarak antar stasiun sehingga saat diumumkan akan berbentuk tabel. Jadi, dari tiap tempat itu beda-beda,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Perjalanan MRT dari Bundaran HI ke Lebak Bulus melewati sekitar 11 stasiun. Jarak tempuh dari satu stasiun ke stasiun lain juga berbeda-beda.

Baca Juga  Nadya Mulya dan Direktur Bea Cukai Desak Sri Mulyani dan Jokowi Terbitkan Cukai Plastik

3. Tarif MRT Jangan Bermuatan Politis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta DPRD untuk tidak mengambil keputusan hanya untuk kepentingan politis Pemilu tahun 2019, harus strategis untuk jangka panjang. “Jangan pengambilan keputusan (Tarif MRT) karena mau Pemilu,” kata Anies seperti dikutip dari okezone com

“Kita sama sekali tidak ada urusan dengan konteks pemilu. Emang MRT itu direncanakan untuk persoalan Pemilu? Jadi jangan terlalu pendeklah berpikir,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono seperti dikutip dari okezone com

4. Reaksi Warga DKI Tarif MRT Rp14.000

Sejumlah warga DKI yang diwawancarai oleh Okezone, juga memiliki tanggapan yang berbeda-beda soal tarif tersebut. Ada yang ternyata setuju, ada pula yang mereka merasa tarif sebesar itu dinilai sangat mahal. Mereka yang memaklumi tarif tersebut merasa kalau dengan ada besaran harga itu sepadan dengan fasilitas, kenyamanan, dan juga keuntungan dari segi waktu ketika menggunakan MRT.

Baca Juga  Tahun Ini Industri Keramik Diprediksi Naik dan Tumbuh 8 %

“Sejujurnya aku enggak masalah sih sama tarifnya karena fasilitas yang diberikan baik dan nyaman, karena tarif tersebut lebih murah dibanding ojek online,” ujar salah satu warga Jakarta, Adriani seperti dikutip dari okezone com

Sedangkan, yang tidak setuju mereka merasakan bahwa tarif Rp14.000 terlalu mahal dikarenakan harga yang sebanding jikalau menggunakan ojek online. Serta, ada pula yang memperkirakan kalau tarif sebesar itu akan membuat masyarakat kembali menggunakan Kereta Rel Listrik atau juga Transjakarta.

“Saya rasa dengan harga 14 ribu masyarakat akan tetap memilih KRL dan Transjakarta sebagai moda transportasi umum utama. Kalau memang MRT diniatkan untuk eksklusif pada kalangan tertentu ya harga segitu bisa saja,” ungkap Yuli seperti dikutip dari okezone com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here