Tanggapan Darmin Tentang Pernyataan Bahwa Ribuan Triliun Uang WNI di Luar Negeri

0
Ilustrasi Menteri Darmin via aktual com
KabarUang.com, Jakarta – Prabowo Subianto yang merupakan Calon Presiden Nomor Urut 02 itu menyebutkan atau mengeluarkan suatu pernyataan bahwa masih ada lebih dari Rp11 ribu triliun uang warga negara Indonesia di luar negeri. Hal itu diungkapkan langsung oleh Prabowo, dalam berbagai kesempatannya.

Prabowo pun sering kali membandingkan bahwa jumlah uang WNI di luar negeri itu sudah dua kali lipat lebih besar dari kekayaan Indonesia, yang dibandingkannya dengan jumlah uang di seluruh bank Indonesia yang hanya mencapai sekitar Rp5.400 triliun saja.

Baca Juga  Kemenhub Dukung Peningkatan Produksi Karet Dalam Negeri

Lalu, bagaimana tanggapan pemerintah mengenai hal ini? Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian  menjelaskan bahwa jumlah total dana WNI yang ada di luar negeri pada saat ini sebetulnya sulit untuk dihitung secara pasti dan tepat.

“Itu hal yang susah untuk dibicarakan benarnya berapa,” kata Darmin, ditemui di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis 28 Februari 2019 seperti dikutip dari viva co id

Baca Juga  MNC Asset Management Tengah Gelar Investor Gathering di Kawasan Surabaya
Akan tetapi, Darmin juga menjelaskan, bahwa kebijakan pemerintah terkait pengampunan pajak atau juga tax amnesty beberapa waktu lalu, tentu sudah banyak membawa dana WNI dari luar sampai ke dalam negeri. Darmin sendiri juga mengaku tidak tahu bagaimana secara rinci mengenai berapa sisa dana WNI yang ada di luar negeri. 
“Salah satu tahap, langkah kita itu dengan amnesti pajak waktu itu dan cukup banyak (bawa dana WNI ke dalam negeri). Sekarang (kalau) masih tersisa ya enggak tahu,” kata dia seperti dikutip dari viva co id
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here