Sebanyak 117 Fintech Menunggu Izin Operasi Dari OJK

Advertisement

Sebanyak 117 Fintech Menunggu Izin Operasi Dari OJK

Sabtu, 09 Maret 2019
Ilustrasi Inden Izin Operasi OJK Riswinandi via aaui or.id
KabarUang.com, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan, yakni Riswinandi menegaskan, sampai pada saat ini masih terdapat sebanyak 117 perusahaan financial technology atau fintech, yang tengah menunggu izin operasi.

Hal itu juga merupakan kelanjutan dari proses perizinan yang telah dikeluarkan oleh OJK. Sebelumnya juga OJK telah mengeluarkan izin sekitar 99 perusahaan fintech lain.

"Sampai saat ini sudah ada 99 fintech yang mendapatkan izin dari OJK, dan sisanya sebanyak 117 platform lain masih diproses guna mendapatkan izin tersebut," kata Riswinandi di Gedung BEI, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019 seperti dikutip dari viva co id
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh platform fintech untuk mendapatkan izin dari OJK, Riswinandi pun menjelaskan hal tersebut. Salah satu juga persyaratannya adalah bahwa perusahaan tempat platform fintech itu bernaung, harus terdaftar sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia atau juga AFPI.

Dia juga sudah menjelaskan, hal itu merupakan ketentuan yang telah diatur pihaknya dalam Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016 Bab XIII Pasal 48. 

"Karenanya, dengan kehadiran para platform fintech ini diharapkan mampu ikut berkontribusi dalam meningkatkan indeks inklusi keuangan," ujarnya seperti dikutip dari viva co id