Salurkan Gaji Prajurit Secara Non Tunai, TNI Gandeng BNI

0
5
ilustrasi via harianhaluan com



KabarUang.com , Jakarta – TNI menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI untuk mengembangkan sistem penyaluran Gaji dan Pembayaran Tunjangan Kinerja (Tunkin) secara non tunai atau cashless.

Langkah tersebut dilaksanakan dalam rangka turut mendukung program Pemerintah dalam menciptakan Cashless Society yaitu Gerakan Nasional Non Tunai di masyarakat.

Kesepakatan antara TNI dan BNI dalam menyalurkan Gaji dan Tunkin ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,dengan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta.

“Kami ingin mendidik prajurit untuk lebih bisa mengoptimalkan dukungan kesejahteraan dari pemerintah ini agar digunakan pada kegiatan yang lebih produktif, tidak semata untuk konsumtif,” kata Panglima TNI.

Sementara itu Dirut BNI Achmad Baiquni menjelaskan bahwa BNI akan membantu pengelolaan keuangan para prajurit sekaligus mengedukasi pengelolaan keuangan mereka untuk jangka panjang. Salah satunya adalah dalam bentuk tabungan.

BNI, lanjut Baiquni, juga memberikan peluang lebih besar kepada prajurit yang ingin berinvestasi dengan memanfaatkan Tunkin.

Pembayaran tunjangan kinerja tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu syarat atau jaminan pada saat ingin memperoleh kredit investasi misalnya kredit kepemilikan rumah atau keperluan lainnya.
“Sebagai lembaga keuangan yang telah berpengalaman selama lebih dari tujuh dekade di bidang finansial, BNI memiliki berbagai produk dan layanan yang dapat mempermudah pengelolaan keuanganTNI sekaligus memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan seluruh anggota TNI dan PNS di lingkunganTNI,” imbuhnya.

Selain itu, anggota TNI yang mengikuti latihan gabungan militer seperti Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) juga mendapatkan fasilitas asuransi jiwa dari BNI Life yang dirancang khusus untuk anggota TNI.

Baca Juga  Bagaimana Dampak Nilai Rupiah Terhadap Kenaikan Bunga The Fed

Anggota TNI juga dapat memanfaatkan fasilitas”e-banking” mulai dari SMS banking, internet banking, ATM, mobile banking, serta phone banking untuk melakukan transaksi  seperti transaksi pembelian pulsa, listrik, tiket dan transaksi lainnya.

BNI juga memberikan solusi dalam pengelolaan anggaran belanja barang dan belanja modal TNI yaitu melalui solusi pembiayaan Supply Chain Financing (SCF) dan Garansi Bank bagi para mitra vendor TNI.

“Semua solusi tersebut kami berikan guna mendukung terciptanya pengelolaan keuangan di lingkungan TNI yang lebih transparan, efektif, efisien dan modern” ujar Baiquni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here