Saatnya Kota Batu Jadi Kota Agropolitan

0
Ilustrasi via Tribun Timur com


KabarUang.com, Batu – Kota Batu bukan hanya dikenal sebagai Kota agrowisata serta wahana wisata lainnya, namun Kota Batu juga memiliki potensi yang cukup besar dalam sektor pertanian. Hal ini yang membuat pemerintah hendak menjadikan Kota Batu sebagai Kota Agropolitan dengan menanam tanaman hortikultura serta bawang putih.
Di Kota Batu sendir terdapat empat jenis tanah, yaitu andosol, kambisol, aluvial serta latosol. Tanah andasol dan kambisol sendiri dikenal sebagai tanah yang subur sehingga cocok untuk budidaya pertanian. Selain jenis tanah yang mendukung, Kota Batu juga memiliki sumber air yang melimpah, seperti Sungai Berantas dan sumber Air Tanah. Hal inilah yang membuat Kota Batu tumbuh menjadi sentra hortikultura modern di Jawa Timur.
Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Mohamad Ismail Wahab mengatakan bahwa Kota Batu akan menjadi salah satu kota yang ditargetkan untuk pengembangan bawang putih. Terlebih, kawasan Malang Raya yang termasuk Kota Batu dikenal sebagai pusat bawang putih di Jawa Timur.
“Kementrian Pertanian dorong terus daerah tersebut agar bangkit kembali, sehingga nantinya selain apel juga dikenal kembali bawang putihnya,”ujar Ismail Wahab di Batu, pada Minggu (10/3).
Beliau juga mengatakan bahwa Kementrian Pertanian (Kementan) terus memantau Kota Batu Malang yang antusias dalam menyambut program pengembangan bawa putih yang sebelumnya dicanagkan oleh Kementan. Termasuk program wajib tanam importir. Hal ini terbukti dengan realisasi tanam yang mencapai 50 hektare pada periode 2017 hingga 2018.
“Kami berharap pengembangan bawang putih di Kota Batu diperluas dan bisa disinergikan dengan agrowisata lain menjadi satu Kawasan Agropolitan terpadu namun tetap berwawasan lingkungan. Ini sangat menarik,”ungkapnya.
Sugeng Purnomo selaku Kepala Dinas Pertanian Kota Batu menjelaskan bahwa kawasannya saat ini sudah ditanami komoditas hortikultura, seperti buah-buahan, sayuran, dan tanaman hias. Sayuran yang paling banyak ditanami daerahnya ialah kentang, wortel, sawi putih, paprika, bawang putih, dan sayuran daun lainnya. Saat ini terdapat tiga kecamatan yang dijadikan sentra utama pertanian, yakni Batu, Junrejo, serta Bumi Aji.
“Petani semakin antusias tanam bawang putih. Kami berharap ini bisa makin melengkapi kawasan agropolitan Kota Batu,”tutup Sugeng.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Teror Utang Pinjaman Online Hantui Korban, Termasuk Pelanggaran HAM?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here