Penjaminan Dana Nasabah di Go-Pay hingga OVO Masih Dikaji Ulang LPS

0
Ilustrasi LPS via nadyasitta blogspot com
KabarUang.com, Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini tengah mengkaji ulang mengenai penjaminan dana nasabah pada uang elektronik, di antaranya yaitu ada dompet elektronik (e-wallet) seperti Go-Pay, OVO, dan juga masih banyak yang lainnya. Kajian ini juga dilakukan secara tim dengan Otoritas Jasa Keuangan atau yang diisngkat dengan OJK.

Destry Damayanti selaku Anggota Dewan Komisioner LPS yang menyatakan bahwa upaya memperluas ruang lingkup penjaminan dana nasabah ini juga dimaksudkan demi penyesuaian instrumen keuangan seiring dengan perkembangan teknologi finansial atau yang disebut dengan fintech.

Baca Juga  EDU: Arti Fixed Income Investment Adalah

Dia juga mengungkapkan, saat ini LPS belum bisa menjamin dana di dompet elektronik, karena dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang LPS, pihaknya hanya bisa menjamin simpanan dalam bentuk giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan itu.

“Memang yang menjadi banyak pertanyaan itu terkait uang elektronik, kita tahu sekarang sudah banyak beredar, contohnya Go-Pay. Tapi karena sifatnya bukan tabungan, kami belum bisa masuk ke ranah sana,” ujar Destry di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (28/2/2019) seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  November, Pertamina Optimis Targetkan BBM Satu Harga Tercapai 67 Titik

Destry juga menyatakan bahwa dana nasabah yang ditempatkan pada dompet elektronik tersebut saat ini bersifat bukanlah simpanan. Maka dari itu, saat ini kajian masih terkait definisi dana simpanan di uang elektronik, seperti e-wallet dan juga dana urunan atau crowdfunding.

Jika nantinya hal tersebut masuk dalam definisi simpanan, maka LPS dipastikan akan menjamin dana nasabah di uang elektronik tersebut. 

“Kalau masuk definisi simpanan tentunya ada implikasi pada UU LPS, bahwa itu juga termasuk jaminan,” katanya seperti dikutip dari okezone com
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here