Peningkatan Ekspor Nonmigas Itu Pekerjaan Besar Kata Mendag

0
Ilustrasi Mendag via news detik com
KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan menguatkan bahwa ada komitmen bersinergi antar-kementerian dan juga lembaga untuk terus menggenjot ekspor nonmigas sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi, yang nantinya juga merupakan salah satu hasil rapat kerja Kemendag.

“Peningkatan ekspor nonmigas adalah pekerjaan besar. Karena itu, sinergi semua kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan ekonomi dan hubungan luar negeri mutlak diperlukan,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dilansir dari Antaranews, Kamis (14/3/2019) seperti dikutip dari okezone com

Misalnya juga Mendag sangat mengapresiasi bahwa kinerja Kementerian Luar Negeri yang banyak membantu membuka jalan diplomasi saat kita menyelesaikan perjanjian dagang, penyelesaian sengketa dagang, dan juga pembukaan pasar-pasar baru. Sinergi itu juga diawali dengan hadirnya sejumlah menteri dan juga para pejabat setingkat menteri dalam rapat kerja yang digelar dua hari di Jakarta.

Baca Juga  Mark Zuckerberg Berhasil Kembali Menjadi Jajaran 5 Orang Terkaya di Dunia Lagi

Rapat dibuka oleh Presiden dengan acara peresmian dan juga pemberian penghargaan pasar rakyat yang dihadiri sekitar 5.000 peserta, terdiri atas pimpinan pasar rakyat dan juga para bupati atau walikota dari seluruh Indonesia di Tangerang. Para menteri dan juga pejabat yang hadir dan berdiskusi dalam rapat kerja itu adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan juga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga  Harga Tiket Dipangkas, Penumpang Garuda Kembali Naik

Selain itu, ada juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, kemudian Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, lalu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan juga Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal Thomas Lembong.

Sinergi meningkatkan ekspor direalisasikan melalui diplomasi ekonomi, penetrasi ekspor ke pasar-pasar nontradisional, lalu perjanjian perdagangan internasional, dan juga promosi produk-produk strategis Indonesia ke mancanegara. Mendag juga melanjutkan lagi bahwa menurutnya strategi tersebut dijalankan dengan tetap menjaga harmonisasi kerja sama negara-negara yang terlibat dalam aktivitas ekspor-impor Indonesia.

Baca Juga  Singapura Jadi Rajanya Dalam Investasi Asing di Indonesia

“Kita juga harus melakukan pengkajian ulang regulasi ekspor dan impor secara reguler sehingga perdagangan luar negeri kita berjalan stabil,” ujar Enggar seperti dikutip dari okezone com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here