Pelindo I Diwajibkan Jadi Operator Pelabuhan Kelas Internasional

0
Ilustrasi Pelindo via tabloidmaritim com
KabarUang.com, Jakarta – Menteri BUMN yakni Rini Soemarno sudah meresmikan sejumlah proyek strategis Pelindo I sekaligus juga akan meninjau kantor baru di Pelabuhan Belawan Medan sebagai bentuk upaya meningkatkan produktivitas, kapasitas dan juga percepatan pelayanan pelabuhan.

Menteri BUMN yakni Rini Soemarno juga mengatakan Pelindo I merupakan pintu masuknya jalur perekonomian Indonesia di wilayah bagian barat yang harusnya bisa menunjukkan diri sebagai operator pelabuhan yang berstandar internasional.

“Saya mau Pelindo I ini menjadi operator pelabuhan kelas internasional di wilayah barat Indonesia,” katanya dilansir dari Antaranews, Senin (18/3/2019) seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  Sektor Pariwisata Maju, APJI Harus Promosikan Makanan Tradisional

Selain itu juga kata dia, Pelindo I juga sangat diharapkan menjadi perusahaan pelabuhan operasi yang jauh lebih besar dari yang lainnya dan juga bisa menjadi salah satu perusahaan BUMN yang dapat menghasilkan pendapatan Rp1 triliun.

“Di tahun 2019 saya harapkan Pelindo I ini masuk dalam 30 perusahaan BUMN yang menghasilkan pendapatan Rp1 triliun,” katanya seperti dikutip dari okezone com

Sebelumnya Pelindo I juga telah menyelesaikan lima proyek strategis program penataan dan juga pengembangan secara menyeluruh seperti penataan Pelabuhan Belawan tahap II, pembangunan terminal penumpang berstandar bandara di Pelabuhan Terminal Penumpang Tanjung Balai Asahan dan Sri Bintan Pura.

Baca Juga  Menteri Bambang Sebut Indonesia Harus Belajar dari Korea Selatan

Kemudian dalam pengembangan Terminal Petikemas Keperintisan Sei Kolak Kijang, modernisasi peralatan bongkar muat Terminal Petikemas dan juga modernisasi Kapal Tunda dan juga Kapal Pandu. Menteri BUMN menambahkan bahwa proyek strategis itu nantinya dioperasikan secara profesional dan juga sangat diharapkan mendapatkan keuntungan lebih tinggi bukan hanya untuk karyawannya melainkan bagi masyarakat Indonesia terkhususnya.

“Tujuan BUMN adalah supaya makin untung dan besar sehingga bisa memberikan kemakmuran bagi masyarakat Indonesia”, katanya seperti dikutip dari okezone com

Sementara itu Dirut Pelindo I, yakni Bambang Eka Cahyana mengatakan ada lima proyek strategis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan juga dapat percepatan pelayanan serta aspek keselamatan dalam pelabuhan pelayanan.

Baca Juga  BKPM Gandeng Bea Cukai Untuk Berinvestasi

“Kami melaporkan bahwa tahun lalu kinerja untuk aset mencapai Rp14 triliun kemudian pendapatan berhasil 3,1 triliun rupiah dengan laba bersih Rp911 miliar ,” katanya seperti dikutip dari okezone com

Ia juga menambahkan bahwa untuk tahun ini Pelindo menargetkan akan menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa menyumbang laba bersih di atas satu triliun rupiah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here