Modal Bank Mandiri Rp 30 Triliun, Tawar Saham Bank Permata Rp 1.115 – Rp 1.200 per Lembar

0
1
Ilustrasi Bank Permata via finrollnews com

KabarUang.com, Jakarta – Kajian tentang rencana akuisisi sebagian saham PT Bank Permata Tbk telah dirampungkan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)) bersama Morgan Stanley.

Pihak Bank Mandiri memberikan penawaran harga antara Rp 1.115 – Rp 1.200 per lembar saham, sepeti dikutip dari Bloomberg.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa dua pemegang saham mayoritas Bank Permata adalah Standard Chartered Bank sebesar 44,56 persen atau senilai 12,49 lembar saham.

Pemilik ke dua adalah PT Astra Imternational Tbk juga menguasai kepemilikan Bank Permata sebesar 44,56 persen, sedangkan sisanya dimiliki oleh publik (10,88 persen).

Dengan besaran harga penawaran yang diberikan pihak Bank Mandiri tersebut, maka Bank Mandiri harus menyiapkan Rp 13,93 triliun – Rp 14,99 triliun untuk mengakuisisi saham Bank Permata dari Bank Standard Chartered yang sebelumnya sudah mengumumkan untuk divestasi sahamnya di Bank permata.

Bank Mandiri memiliki kelebihan modal tercata sebesar Rp 30 triliun kata Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank mandiri. Dana tersebut dapat dialokasikan untuk ekspansi Bank mandiri termasuk rencana akuisisi Bank Permata ini.

“Selama ada potensi akuisisi dan ukurannya memadai, kami akan lihat. Nanti tergantung dari harga, sinergi bisnis. Prosesnya akan dilihat secara transparan,” jelas Kartika.

Baca Juga  Berapa Banyak Impor Gula Tahun Ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here