Menteri PUPR Di Instruksikan Atasi Banjir Tol Kertosono Oleh Jokowi

0
Ilustrasi Banjir Tol Kertosono via aliniea id
KabarUang.com, Jakarta –  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau yang disingkat dengan PUPR, yakni Basuki Hadimuljono telah mengatakan, bahwa pihaknya akan terus memonitor banjir dibeberapa bagian yang berada di area jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Dia juga masih  belum bisa memastikan apakah ruas Kertosono-Madiun yang terendam banjir itu sudah dapat dilalui secara normal pada esok hari. Akan tetapi ia mengatakan, pemantauan banjir akan terus dilakukan lantaran merupakan perintah langsung dari Bapak Presiden Joko Widodo atau panggilan sapaannya Jokowi. 

Baca Juga  Dibalik Tingginya Harga Produk Pertanian
“Kita lihat nanti besok (sudah bisa dilalui atau tidak). Kalau nanti ini saya monitor terus karena Presiden minta saya monitor,” kata Basuki di Lampung, Kamis malam, 7 Maret 2019 seperti dikutip dari viva co id

Ia juga menjelaskan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Madiun Ahmad Dawami, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, yakni Sugiyartanto, dan juga Direktur Jenderal Sumber Daya Air Hari Suprayogi di Madiun.

Berdasarkan assessment atau juga penilaian yang dihasilkan, lanjut Basuki, hujan di daerah Madiun memang terjadi sejak pada awal pekan sampai pada saat ini. Sampai bisa air sungai pun juga meluap.

Baca Juga  Alasan Sri Mulyani Tentang Defisit Perdagangan November Melebar

“Kemudian sekarang, hari ini (hujan) 150 milimeter per 3 jam. Kalinya kali jeroan, anak kali Madiun. Nah, kali Madiun ini anak kali Bengawan Solo. Dia kapasitasnya 1040 meter kubik. Nah ini dengan hujan yang tadi, sudah lebih dari 1060 meter kubik per detik,” ujar dia seperti dikutip dari viva co id

Meskipun ada perbedaan sedikit dengan kapasitas tampung sungai, Basuki juga melanjutkan, ada parapet atau juga tanggul yang jebol. Sehingga tak bisa dielakkan, air pun masuk je jalan tol.

Baca Juga  Rute London-Denpasar Resmi di Buka oleh Garuda Indonesia

“Jadi assessment cepatnya itu, 20 meter jebolnya parapet atau tanggul di kali jeroan itu. Itu yang menyebabkan banjir sekarang ini. Jadi ini nanti terus dikerjakan untuk ditutup,” ujarnya seperti dikutip dari viva co id

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here