Menteri Pertanian Dorong Kopi Toraja Mendunia

0
Ilustrasi Menpan Dorong Komoditas Kopi Toraja via wartanasional com

KabarUang, Sulawesi Selatan – Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian (Mentan) RI terus mendorong peningkatan kapasitas produksi komoditas kopi khususnya Kopi Toraja.

Melalui program peremajaan, Amran membagikan bantuan bibit kopi kualitas pilihan ke Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

“Bibit kopi unggul ini akan membawa Toraja makin mendunia, karena bibit yang kami bawa bukan sembarangan, karena produktivitasnya 3,5 sampai 4 ton per hektar per tahun. Tadi saya diskusi dengan petani, kondisinya produksinya hanya 300 kilogram per hektar per tahun,” ungkap Amran, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (12/3).

Baca Juga  Usai Enam Tahun Menjabat, Jim Yong Kim Mengundurkan Diri Ini Alasannya

Bibit kopi unggul yang disalurkan oleh Mentan Andi Amran sebanyak 1,7 juta bibit untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Dari angka tersebut, Kabupaten Tanah Toraja mendapat kuota 700 ribu bibit kopi plihan untuk luas perkebunan mencapai 400 hektar.

Sedangkan untuk Kabupaten Toraja Utara mendapat bantuan bibit untuk luas perkebunan mencapai 300 hektar.

Dengan bantuan dari Kementerian Pertanian ini ditargetkan produktivitas komoditas ini naik dari 0,3 ton per tahun menjadi 3 – 4 ton per hektar setiap tahun.

Baca Juga  Menaker Bantah KSPI Soal Data PHK 1 Juta Orang

Peningkatan kapasitas produksi Kopi tersebut diharapkan mampu menyuplai kebutuhan Kopi Toraja yang saat ini telah mendunia. Kopi Toraja terus didorong oleh Mentan untuk memperluas pemasaran ke negara-negara lain agar lebih mendunia lg.

“Dulu Vietnam berguru ke Indonesia. kami baru pulang dari Hanoi Vietnam, kami bertemu petani-petaninya. Mereka produksinya sekarang 3,5 ton per hektar. Kenapa tidak petani kita bersemangat mengejarnya?” ungkapnya.

Baca Juga  BAHANA SECURITIES

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here