Mengintip Proyek Underpass Terpanjang di Indonesia

0
Ilustrasi Underpass NYIA via cnn com

KabarUang.com, Yogyakarta – WIKA dan MCM KSO menjadi pelaksana proyek jalan bawah tanah atau Underpass di Yogyakarta. Underpass ini berada di Bandar Udara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Underpass ini memiliki panjang jalan 1.302 meter. Dengan panjang 1,3 km, jalan bawah tanah di Yogyakarta ini menjadi jalan bawah tanah terpanjang di Indonesia.

Proyek Underpass ini mulai dilaksanakan pada 12 November 2018 yang lalu dan ditargetkan selesai dalam waktu 390 hari. Jika selesai sesuai target, maka bulan Desember 2019 Underpass ini sudah bisa digunakan.

Baca Juga  Ekspor Sawit Meningkat, Indonesia-Mesir Jalin Kontrak Dagang Senial 130 Juta Dolar

Dari sisi ukuran, proyek yang dianggarkan sebesar Rp 293,18 miliar ini memiliki lebar 7,95 meter, samping 18,4 meter dan clearance atas 5,2 meter.

Salah satu hal yang menjadi tantangan bagi pelaksana proyek dalam membangun jalan bawah tanah ini adalah ketinggian muka air tanah.

“Kita harus hati-hati dan yakin benar dengan ketinggian muka air tanah. Air tanah yang tinggi akan menjadikan daya angkatnya uplift tinggi. Untuk itu perlu ground angker dan sebagainya,” kata Akhmad Cahyadi, Kepala Balai Besar PJN VII seperti dikutip dari detikFinance, Minggu (3/3/2019).

Baca Juga  BATAVIA PROSPERINDO SEKURITAS

Akhmad juga menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi kebocoran, dinding beton underpass (NYIA) Yogyakarta diberi lapisan water stop berbahan karet.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here