Kenaikan Tarif Kargo Pesawat Tak berdampak Untuk Lion Parcel

Advertisement

Kenaikan Tarif Kargo Pesawat Tak berdampak Untuk Lion Parcel

Sabtu, 09 Maret 2019
Ilustrasi Pertumbubhan Lion Parcel via emlakfirsat com
KabarUang.com, Jakarta - PT Lion Express (Lion Parcel) tengah memastikan bahwa pertumbuhan bisnisnya tidak terdampak oleh kenaikan tarif kargo atau juga surat muatan udara atau SMU yang telah dilakukan maskapai penerbangan Indonesia sejak pertengahan 2018 lalu.

Diketahui, dan juga berdasarkan catatan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia atau Asperindo, kenaikan SMU sejak pertengahan tahun 2018 sampai pada awal 2019 telah mencapai sekitar 300 persen.

CEO Lion Parcel, yakni Farian Kirana menjelaskan, tidak terdampaknya bisnis perusahaannya atas kenaikan tarif SMU tersebut dikarenakan Lion Parcel telah melakukan penyesuaian tarif pengiriman barang dengan diiringi oleh peningkatan kualitas layanan dan juga penerapan berbagai promo.

"Kalau kita belanja online ongkirnya itu belum semahal itu. Kita kan juga banyak melakukan ada promo-promo juga lalu dengan naikkan hargakan itu normalnya, tapi tetap kita terus lakukan marketing dan diskon-diskon itu tetep ada, jadi menurut kita sih enggak," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019 seperti dikutip dari viva co id

Dia juga menyebutkan,  bahwa sepanjang 2018, bahkan Lion Parcel masih bisa mengalami pertumbuhan pengiriman barang mencapai tiga atau sampai empat kali lipat dibanding posisi tahun 2017, yaitu sekitar 2 juta kilogram barang setiap bulannya dengan rata-rata pengiriman sebesar Rp20 ribu per kilogram.

"Dan memang industrinya sedang tumbuh jauh besar begini. Jadi kita lihat itu sangat mungkin (tumbuh) walaupun surat muatan udaranya naik. Penjualnya banyakan bukan dari e-commerce platform, mungkin dari instagram, facebook. Tapi memang kita masih 80 persen pengiriman kita dari agen-agen, ada empat ribu agen yang tersebar di Indonesia," jelas dia seperti dikutip dari viva co id

Karena itu, dia optimis untuk tahun ini tahun 2019 pengiriman barang Lion Parcel masih bisa meningkat empat sampai lima kali lipatnya dari capaian di tahun 2018. Itu ditopang oleh telah terjalinnya kerja sama pengiriman barang melalui jalur udara dengan PT Kereta Api Logistik yang mampu membuat pengiriman barang sekitar 40 persen lebih murah dan lebih cepat dibanding maskapai penerbangan.

"Kita sampai hari ini pun tiap bulan masih melihat growth double digit. Di atas 10 persen dari bulan ke bulan. Jadi masih tumbuh dan marketnya untuk e-commerce ini ada. Untuk kebutuhan logistiknya ada," tegas Farian seperti dikutip dari viva co id