Kantong Plastik Tak Lagi Gratis Mulai Hari Ini Bayar Rp200

0
Ilustrasi Kantong Kresek via golgon co id
KabarUang.com, Jakarta – Kantong plastik kini tidak lagi bisa diperoleh dengan gratisan pada saat berbelanja. Mulai hari ini masyarakat dihimbau khususnya warga Jakarta diharuskan membeli kantong plastik seharga Rp200 saat berbelanja di ritel-ritel modern. Atau jika tidak ingin membeli kantong plastik, warga dipersilakan membawa tas belanja dari rumah masing-masing.

Upaya ini dilakukan untuk mengurangi limbah dari sampah kantong plastik yang sudah menumpuk banyak dan merugikan semua pihak.

Baca Juga  Menurut Penjelasan Inalum, Freeport Disebut Masih Dapat Keuntungan 81 Persen

Kebijakan ini juga tentu masih perlu didukung karena wujud nyata dari keinginan untuk menyelamatkan lingkungan yang semakin terbebani sampah plastik. Ini juga sejalan dengan visi pemerintah untuk mengurangi sampah sekitar 30%, termasuk sampah plastik, pada tahun 2050.

Namun kebijakan yang sempat sukses dalam menurunkan penggunaan plastik secara signifikan ini tiba-tiba saja dihentikan tanpa alasan yang jelas. Satu-satunya alasan yang dikemukakan waktu itu adalah tidak ada regulasi yang mengatur soal penjualan kantong plastik kepada masyarakat.

Baca Juga  BCA Targetkan Proses Akuisisi Bank Rampung pada 2019
Akan Tetapi pemerintah terus berupaya apalagi pihak-pihak yang terkait terus berusaha menciptakan Indonesia yang bersih dengan kembali membuat peraturan kantong plastik berbayar dan harga plastik ditingkatkan lagi.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here