Kalahkan Khazanah Malaysia Ini Dia Kinerja BUMN Indonesia

0
Ilustrasi Toto Pranoto
KabarUang.com, Jakarta – Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis atau FEB Universitas Indonesia (UI) menyebutkan jika kinerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau disingkat dengan BUMN selama pada tahun 2018 dapat dikatakan cukup baik. Bahkan kinerja perusahaan plat merah itu mampu mengungguli BUMN di Malaysia yaitu Khazanah. 
Managing Director Lembaga Management (LM) FEB UI Toto Pranoto mengatakan,untuk pertama kalinya sejak tahun 1998, BUMN Indonesia mampu mengungguli BUMN Malaysia. Seperti diketahui, bahwa Kementerian BUMN baru baru ini melaporkan, per tanggal 31 Desember 2018, total aset BUMN telah menembus angka di kisaran Rp8.092 triliun atau naik sekitar Rp882 triliun dari 2017 senilai Rp7.210 triliun. Total laba tumbuh sekitar 1,07% menjadi di angka Rp188 triliun dari Rp186 triliun pada tahun 2017 silam.

Adapun, juga pada total belanja modal BUMN tahun lalu naik secara signifikan yakni 54,60% dari Rp315 triliun pada tahun 2017 menjadi sekitar Rp487 triliun. Alokasi terbesar dana itu mengalir ke proyek-proyek infrastruktur. Sementara itu  untuk kinerja Khazanah justru mengalami penurunan. Pada  tahun  2018 lalu, Khazanah justru mengalami kerugian sebesar USD1,5 miliar atau sekitar dengan Rp21 triliun. 
“Kinerja Khazanah atau BUMN Malaysia pada 2018 justru mengalami penurunan di mana tercatat mengalami kerugian ringgit Malaysia 6,3 miliar atau sekitar USD1,5 miliar,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/3/2019) seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  Pada Tanggal 13 Maret 2019 Sudah Tercatat 6 Juta Wajib Pajak

Menurut Toto, adanya penurunan kinerja Khazanah sendiri dikarenakan ada perubahan fundamental perusahaan-perusahaan yang kurang baik. Di sisi lain, volatilitas pasar juga tengah mengalami peningkatan ditambah adanya faktor perubahan regulasi yang dilakukan oleh pemerintah.

“Dalam kondisi dinamikanya dan daya saing global yang cukup memberikan tekanan di berbagai bidang misalnya dipengaruhi perang dagang AS dan China, Khazanah benar-benar dalam keterpurukannya,” jelasnya seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  Tekan Angka Pemotongan Sapi Betina Kata Kementan Hingga 47,1%

Keterpurukan tersebut juga sangat membuat pemerintah Malaysia mulai melirik pengembangan BUMN seperti yang dilakukan Indonesia. Dalam kajian Lembaga Management FEB UI, perubahan signifikan pada Khazanah yang dilakukan yaitu pembedaan BUMN secara tegas antara sisi komersial dan juga sisi pada pelayanan publik. 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here