Kabar Tokoh: Profil Muhammad Romahurmuziy

Advertisement

Kabar Tokoh: Profil Muhammad Romahurmuziy

Minggu, 17 Maret 2019
Kabar Tokoh Romahurmuziy

KabarUang.com, KABAR TOKOH - Saat ini sosok Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy menjadi perbincangan di berbagai media.

Seberapa tahu anda dengan sosok yang lebih akrab dipanggil Romy ini. Yuk kita lihat profil atau biografi singkat Muhammad Romahurmuziy yang telah dihimpun oleh KabarUang.com berikut:

Profil Muhammad Romahurmuziy


Muhammad Romahurmuziy lahir di Sleman, Yogyakarta. Pemuda yang lahir pada tanggal 10 September 1974 ini merupakan anak dari pasangan M Tolchah Mansoer dan Umroh Machfudzoh.

M Tolchah Mansoer, ayah Romy merupakan akademisi dengan predikat Guru Besar Hukum Islam di kampus IAIN Sunan Kalijaga, DI Yogyakarta.

Sedangkan Hj. Umroh Machfudzoh, ibu dari Romy merupakan tokoh pendiri IPPNU (Ikatan Pelajar Putri NU).

Romy sendiri merupakan cucu dari KH. Muh. Wahib Wahab, Menteri Agama  ke tujuh RI. Romy menikah dengan Henny Widiyanti dan dikaruniai seorang anak.

Rekam Jejak dan Karier Muhammad Romahurmuziy


Romy merupakan salah satu alumni ITB yang sukses berkiprah di kancah politik Indonesia. Di ITB sendiri Romy memilih Jurusan Teknik Fisika (S1) dan Jurusan Teknik dan Manajemen Industri (S2).

Awalnya Muhammad Romahurmuziy kecil bercita-cita menjadi seorang Kyai dan memimpin pesantren besar. Tetapi seiring waktu Romy lebih banyak terjun ke organisasi nasional dan memasuki dunia politik.

Garda bangsa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan sejarah awal kiprahnya di dunia politik. Romy bergabung di organisasi yang berafiliasi dengan partai PKB ini pada tahun 1998.

Kemudian Romy bergabung dengan partai ibunya sejak dulu, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Romy pun mulai menampakkan kemampuannya setelah diangkat menjadi staff khusus Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali.

Romy menjadi orang kepercayaan Suryadharma Ali yang saat itu juga menjabat sebagai Ketua Umum PPP.

Tahun 2009, Romy mengikuti kontenstasi pemilihan anggota DPR RI dari pemilihan Jawa Tengah dan terpilih menjadi anggota legislatif untuk periode 2009 - 2014.

Di DPR RI, Romy menjabat sebagai Ketua Komisi IV. Setelah periode pertama, Romy kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014 - 2019. Dan di era kepemimpinan Suryadharma Ali, Romy menduduki posisi Sekjen PPP Hingga akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum PPP.

Harta Kekayaan Muhammad Romahurmuziy


Sejak penangkapan OTT KPK, Romy tercatat terakhir kali melaporkan kekayaannya pada saat menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009 - 2014. Tepatnya pada tanggal 19 Maret 2010.

Dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Jumat (15/3), seperti dilansir dari detik,com, Romy diketahui memiliki kekayaan sebesar Rp 11,83 miliar (per tahun 2010).

Saat menduduk di komisi XI DPR RI, romy dikenal salah satu anggota yang mendukun dana aspirasi sebesar Rp 20 miliar untuk setiap anggota dewan. Dana aspirasi Rp 20 miliar per anggota dewan tersebut menurutnya untuk kepntingan masyarakat juga.

Status OTT KPK 


Per hari Sabtu (12/3), setelah hampir 24 jam sejak penangkapan Romy di salah satu hotel di Surabaya ini, KPK akhirnya menetapkan Romy menjadi Tersangka dan sejak pengumuman tersebut hingga 20 hari berikutnya, Romy akan di tahan untuk keperluan pemeriksaan.

PPP Paska Penangkapan Ketua Umum Romahurmuziy


Sekjen PPP Asrul Zani dalam kenferensi pers mengeluarkan pernyataan resmi atas nama Partai permohonan maaf atas terjadinya penangkapan Ketum PPP tersebut dan meminta agar seluruh simpatisan dan pengurus partai di seluruh Indonesia tetap solid.

PPP juga akan menggelar rapat pengurus sesuai dengan AD/ART partai untuk menentukan langkah organisasi selanjutnya paska penetapan status tersangka kepada Ketum PPP Romahurmuziy.

Semua pihak menghormati dan akan mengikuti proses hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.