Jokowi Bahagia Jagung Gorontalo Meningkat Pesat

0
Ilustrasi Jokowi Jagung Gorontalo via panrita news
KabarUang.com, Jakarta – Petani Gorontalo patut berbangga hati dikarenakan panen jagung hasil kerja keras mereka pada periode tanam Oktober-Maret kali ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu juga menekankan pentingnya meningkatkan produktivitas jagung sekaligus menjaga stabilitas harga untuk para petani.

“Sebelumnya produksi jagung petani Gorontalo hanya 650 ribu ton, sekarang sudah bisa ditargetkan 1,7 juta ton. Peningkatan yang banyak sekali,” kata Jokowi bangga. “Ke depan, produksi jagung per hektar yang sekarang 8 sampai 9 ton, diharapkan bisa mencapai 10 ton per hektare,” tambahnya dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jumat (1/3/2019) seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  Tingkatkan Produktivitas Jagung, Sistem Tanam Rapat Mulai Diberlakukan

Berlokasi di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Presiden Jokowi disambut dengan hamparan jagung yang telah siap panen seluas 1.392 hektare di perbukitan. Pemilihan lokasi ini mewakili semangat petani jagung di Gorontalo yang tahun 2018 mampu menghasilkan sekitar 1,5 juta ton, dan mengekspor kurang lebih sekitar 113 ribu ton.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga melakukan dialog dengan beberapa petani, dan tak lupa juga ia menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan produksi petani jagung sekaligus meningkatkan kesejahteraan. Presiden juga bahkan sudah akan memulai pembangunan bendungan Bulango Ulu yang senilai Rp2,3 triliun, untuk menjaga pasokan air bagi para petani di Gorontalo.

Baca Juga  Joko Widodo Resmikan PLTU Cilacap Pada Hari Ini

Presiden menyatakan sangat bahagia dan bangga karena produksi petani jagung nasional kini mampu menekan impor dari sekitar 3,2 juta ton di tahun 2014, bahkan sudah bisa ekspor di tahun 2018 sebanyak 380 ribu ton. 

“Sudah menjadi hukum ekonomi, jika produksi petani melimpah harga akan turun. Karena itu untuk menstabilkan harga kita dorong ekspor,” ujar Jokowi seperti dikutip dari okezone com
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here