Janji Jokowi Tambah Anggaran Pertahanan Saat Ekonomi RI Membaik

0
ilustrasi via merdeka com


KabarUang.com , Jakarta – Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menambah anggaran pertahanan nasional, yang saat ini diakui masih kurang. Namun hal ini baru bisa dilakukan apabila perekonomian Indonesia membaik.
Ini Jokowi sampaikan saat Debat Calon Presiden (Capres) di Jakarta, Sabtu malam (30/3/2019).
“Mengenai anggaran pertahanan, memang kita sekarang ini baru memberikan prioritas pada pembangunan infrastruktur. Namun pada satu saat apabila perekonomian semakin baik dan ekonomi dunia normal, kita akan akan bisa memberikan anggaran lebih baik kepada TNI dalam rangka membangun alutsista ke depan yang lebih baik,” tegas Jokowi.
Jokowi kembali mengakui pernyataan Prabowo jika anggaran pertahanan masih kecil. Namun dia mengaku telah mendapatkan informasi dari intelijen jika dalam 20 tahun ke depan, tidak akan ada negara yang invasi ke Indonesia.
Hal yang justru diwaspadai, kata dia, justru adalah ancaman dari dalam negeri yang dinilai juga berbahaya.
“Hal yang juga perlu dicermati keamanan berkaitan dengan konflik. Jangan diangap remeh karena ini bisa membesar karena perang teknologi dan elektronik bisa membuat ancaman yang menusuk ke dalam,” tegas dia.
Dia juga menyebut jika tantangan ke depan terkait dengan sumber daya manusia (SDM) aparat TNI yang juga perlu ditingkatkan.
Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku juga akan menggenjot investasi untuk memenuhi kebutuhan alutsista nasional. Investasi dinilai menjadi solusi dari kurangnya anggaran pertahanan nasional.
“Saat anggaran masih kurang maka dibangun investasi di bidang alutsista. Itu artinya setiap anggaran di Kemenhan harus dipakai untuk membangun industri alutsista,” tegas Jokowi.
Jokowi mengatakan jika Indonesia telah mampu membangun berbagai alutsista baik yang dikerjakan sendiri maupun bekerja sama dengan negara lain.
“Kita telah memiliki tank Harimau dan memiliki kapal selam, hasil kerjasama dengan negara lain. Kalau kapal selam karena belum siap kerjakan dan investasi di bidang pertahanan terus lakukan,” tandas dia.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Jalan Tol Sering Kali Terjadi Kecelakaan Sehingga Tol Dianggap Pembunuh Bayaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here