Gaji PNS Naik 5 Persen, Cair April 2019

Advertisement

Gaji PNS Naik 5 Persen, Cair April 2019

Sabtu, 09 Maret 2019
ilustrasi via kaltim tribunnews com


KabarUang.com , Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembayaran kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 5 persen kemungkinan pada April tahun ini.

"Tadi ada yang menanyakan, PNS gajinya naik kapan? Peraturan Pemerintahnya baru disiapkan. Saya kira Maret selesai, sehingga awal April bisa diberikan kenaikan itu," jelas Jokowi saat peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Kabupaten Lampung Selatan, Jumat.


Jokowi menuturkan, kenaikan gaji PNS yang diberikan berlaku mulai Januari. Namun pembayarannya baru diberikan sekaligus (rapel) pada April.


Informasi mengenai kenaikan gaji PNS :


1. Jokowi Pastikan Kenaikan Gaji PNS Cair pada April 2019

Ada kabar gembira bagi PNS. Presiden Jokowi memastikan gaji PNS naik 5 persen tahun ini. Pembayaran gaji PNS kemugkinan akan dicairkan sekaligus pada April 2019.


Selain kenaikan gaji, pemerintah juga akan memberikan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR). "Dirapel plus gaji, juga ada gaji ke-13 ke-14. Tapi (pemberiannya) di bulan berikutnya, menjelang Lebaran," sambung dia.


2. Telanjur Bikin NPWP tapi Belum Punya Gaji, Apa Wajib Lapor SPT?

Saat ini jika ingin melamar pekerjaan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) menjadi salah satu syarat dokumen yang harus dilengkapi. Untuk itu, maka banyak dari para pencari kerja yang membuatnya demi mendapatkan pekerjaan.


Namun sayangnya, meskipun sudah membuat NPWP, mereka tetap belum mendapatkan pekerjaan. Sehubungan dengan bulan pelaporan pajak yang semakin dekat, hal ini tentunya membingungkan. Apakah dalam situasi seperti ini masih harus tetap membayar pajak dan melaporkan SPT? Berikut merupakan jawabannya dari Konsultan Pajak, Citasco.


Berdasarkan Pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan No.243/PMK.03/2014, Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) tidak wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan tidak wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi.


Jadi jika tidak memiliki gaji yang tidak melampaui PTKP, maka Anda tidak wajib menyampaikan SPT Tahunan.


Lalu, apabila telah telanjur memiliki NPWP tapi belum mendapatkan penghasilan, apakah wajib menyampaikan SPT?


3. Ada Lowongan Kerja Terbaru di BRI Syariah, Siapa Tertarik?

Anak perusahaan terkemuka dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menangani jasa keuangan perbankan melalui sistem syariah Islam, yaitu BRI Syariah kembali membuka lowongan kerja terbaru.


Kali ini, BRI Syariah membuka lowongan kerja dengan menyediakan tiga posisi sekaligus, yaitu Account Officer, Account Officer Mikro, dan Account Officer Ritel. Pendaftaran lowongan kerjadibuka hingga 17 Maret dan bahkan hingga 31 Maret 2019.


Sekadar informasi, PT Bank BRI Syariah sendiri merupakan salah satu perusahaan perbankan syariah terbesar di Indonesia. Perusahaan yang mulai beroperasi secara resmi pada 17 November 2008 ini, kini telah memiliki 101 kantor cabang.