Gaji Pas-Pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Tanpa Modal Ini

0
Ilustrasi Gaji Pas-Pasan Akhir Bulan via qerja.com

KabarUang.com, PELUANG USAHA – Berstatus karyawan di suatu perusahaan atau instansi menjadi impian khususnya bagi fresh graduate yang ingin memiliki penghasilan bulanan tetap.

Dengan memiliki penghasilan fix setiap bulan, seseorang dapat mulai menata kehidupannya ataupun keuangan keluarganya berdasarkan budget gaji yang diterima setiap bulan.

Sayangnya tingkat kebutuhan hidup setiap harinya tumbuh lebih cepat dibanding persentase kenaikan gaji atau karir di kantor. Alhasil di pertengahan bulan atau di akhir bulan harus mencari pinjaman untuk menutupi kebutuhan pokok sampai tanggal gajian berikutnya.

Hal ini jika tidak cepat di manage dengan cermat dan tepat, kita akan berada disuatu kondisi dimana gaji bulan ini hanya digunakan untuk menutupi utang bulan kemarin. Lantas bagaimana untuk menutupi kebutuhan bulan ini? Ya, kebanyakan dari kita akan membuka pinjaman lagi dan seterusnya.

Kebayangkan ujungnya.. Tapi tidak usah khawatir, yuk kita baca beberapa hal berikut ini, jika bermanfaat silahkan bantu rekan lain dengan membagikan artikel ini ya.

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk mengelola penghasilan/gaji atau keuangan keluarga adalah kita harus bijak dan berhati-hati dengan skema pinjaman, berikut tipsnya:

1. Sebisa mungkin hindari menggunakan fasilitas Tarik Tunai untuk memperoleh dana instan dari Kartu Kredit anda. Cara ini memang cukup cepat memecahkan masalah keuangan anda, hanya dengan ke ATM saja, kebutuhan dana cash anda langsung terselesaikan, tapi dengan kondisi pemasukan yang pas-pasan serta kemampuan untuk melunasi secara langsung pada tagihan bulan depan akan menjadi musibah bagi anda, kenapa?

Karena skema bunga akan terus menambah tagihan anda setiap bulan dan apa yang biasa dilakukan saat tagihan kartu kredit keluar. Voila.. kita akan membayar tagihan “Minimum” nya saja. Tentu ini akan memperparah kondisi keuangan kita, dan akan menjadi boomerang di beberapa bulan kedepan.

Saya sudah terlanjur terjebak dengan tagihan kartu kredit yang terus bertambah meskipun sudah lakukan pembayaran minimum setiap bulan, apa yang harus saya lakukan untuk menyelamatkan keuangan keluarga saya? Tenang semua ada jalan keluarnya kok, nanti caranya akan saya ulas di artikel berikutnya ya.. Kita fokus ke topik ini dulu.

2. Hati-hati dengan pinjaman cepat via aplikasi. Saat ini OJK telah merazia dan mencabut izin beberapa Startup Fintech yang menawarkan pinjaman cepat dalam hitungan menit tapi bunga dan cara penagihan yang memberatkan pengguna.

Tapi jika harus menggunakan opsi ini, baiknya perhatikan terlebih dahulu hal berikut:

  • Pertama perhatikan profil perusahaannya, seperti data alamat harus jelas dan real, no. telp kantor (bukan hp) dapat dihubungi/memiliki line costumer service (CS).
  • Kedua anda harus cek apakah sudah terdaftar di OJK, anda dapat melakukannya dengan mengakses situs resmi OJK.
  • Ketiga adalah mencari informasi atau testimoni orang lain yang telah menggunakan jasa perusahaan tersebut (caranya googling di internet, jika anda menemukan banyak komplain dan pelayanan yang tidak memuaskan sebaiknya anda menghindari perusahaan tersebut.
  • Keempat adalah lihat suku bunga yang dijanjikan apakah masuk akal atau terlalu jauh dibanding standar bunga yang diberikan bank konvensional yang berlaku.
  • Kelima pelajari atau baca dengan seksama perjanjiannya.
Baca Juga  Tips Menjadi Pribadi yang Menarik Ala Jessica Hagy

Baiklah saya tidak akan lebih dalam membedah masalah tips skema pinjaman ini, lagi-lagi ada sesi sendiri ya..

Kita akan masuk ke salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan, banyak opsi tapi berikut ini akan menjadi opsi yang menurut saya cukup baik untuk jangka panjang, baik melunasi pinjaman anda maupun untuk menambah pundi-pundi penghasilan anda.

Menjadi karyawan saja saat ini akan cukup berat dan disayangkan. Mengapa? karena pilihan serta fasilitas penunjang teredia lebih banyak dan cukup mudah ditemukan dimanapun anda, selama anda terkoneksi dengan internet.

Hanya saja informasi dan cara nya yang belum diketahui, sehingga banyak yang tenggelam dalam social media saja, menghabiskan waktunya tanpa menambah sumber penghasilan.

Berikut ini beberapa usaha sampingan yang dapat anda coba untuk menambah sumber penghasilan anda:

1. Dropshipper, Reseller atau Distributor Online.

Ilustrasi Reseller Online via inspirasipagi id

Menjadi pemilik usaha jual beli saat ini cukup mudah dan boleh dikatakan tanpa modal. Cukup menggunakan paket internet yang anda beli setiap bulan serta smartphone anda, anda sudah dapat memperoleh penghasilan yang bisa jadi cukup besar dengan resiko kecil dan waktu yang tidak banyak.

Dengan menjadi dropshipper, reseller atau distributor anda akan menjual barang milik orang lain. Anda akan menawarkan barang tersebut melalui sosial media milik anda atau melalui platform e-commerce berupa toko online.

Membuka toko sendiri di platform e-commerce akan menambah kepercayaan calon pelanggan anda dan baik juga bagi pengembangan pengetahuan anda karena dengan bergabung dengan platform e-commerce anda akan terikat dengan aturan main dan ketentuan serta kewajiban dan tanggung jawab untuk kebaikan semua pihak (penjual, pembeli dan e-Commerce).

Berapa biaya hingga memiliki toko online sendiri dan apa yang dibutuhkan? Jawabannya apakah anda membayar ketika daftar di Tokopedia atau Bukalapak? TIDAK. Semua itu GRATIS, lantas apa yang dibutuhkan? KEMAUAN. Yaa kemauan untuk memperoleh penghasilan tambahan, terus tunggu apa LAGI? 🙂

Baca Juga  Bansos Hingga Akhir Maret 2019 Mencapai Rp36,97 Triliun

2. Penulis Artikel atau Content Writer

Ilustrasi Content Writer via unsplashcom/@melipoole

Penulis Konten atau Content Writer merupakan usaha sampingan yang sangat fleksibel. Bisa dikerjakan dimana saja, yang anda butuhkan hanyalah email, dan aplikasi Microsoft Word untuk mengetik artikel.

Dengan menjadi penulis konten anda akan memperoleh penghasilan per satu artikel yang anda tulis. Besaran tarif setiap artikelnya berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan dan persyaratan penulisannya. Secara umum, per artikel anda akan memperoleh bayaran Rp. 6.000 hingga Rp 150.000.

Semakin detail dan sulit ketentuan pemesan artikel semakin tinggi bayaran yang akan anda peroleh. Ketentuannya kadang dari standard jumlah kata minimum, peruntukan seperti artikel SEO atau Biasa, dan ketentuan lainnya.

Ketentuan utama dari penulisan artikel adalah lolos copy scape atau tidak ada plagiarisme.copy paste dari artikel lain di google. Pekerjaan ini per project, jadi anda akan memperoleh pesanan dalam bentuk proyek, anda akan diberi syarat dan jumlah artikel.

Sumber data atau referensi bahan menulis anda banyak tersebia di google, tinggal browsing, kumpulkan banyak informasi dari berbagai sumber kredibel, anda tulis ulang dengan menggunakan bahasa anda sendiri, voilaa..

Lalu dimana saya bisa mendapatkan proyek? Jika anda ingin menjadi penulis profesional atau akan konsisten menulis anda bisa mencoba mendaftar di platform freelancer seperti Sribu.com atau Fastwork.id.

Silahkan mendaftar secara gratis, baca perjanjian kerjanya dan tuliskan jasa yang anda tawarkan, jika ada yang memenuhi standard kebutuhan pemesan anda akan memproleh notifikasi bahwa seorang pengunjung sedang membutuhkan jasa anda.

Cara lain adalah mendaftar di perusahaan jasa penulisan artikel. Anda akan sangat mudah menemukan puluhan bahkan ratusan perusahaan jasa tersebut di Google, silahkan hubungi mereka dan menawarkan diri menjadi penulisnya. Kelemahannya mungkin penghasilan anda tidak sepenuhnya anda terima karena akan dipotong untuk perusahaan.

Metode lainnya adalah membuat blog sendiri untuk menawarkan jasa anda atau melalui sosial media anda. Mudah bukan??

3. Video Editor dan Graphic Designer

Ilustrasi Graphic Designer via unsplash com/@kellysikkema

Jika anda memiliki keahlian dalam bidang video editor atau desain grafis berarti peluang usaha sangat besar bagi anda. Jasa ini diprediksi beberapa waktu mendatang menjadi profesi yang banyak dicari.

Berbagai platform digital saat ini akan menggunakan jasa ini untuk kebutuhan promosi serta branding usaha mereka. Sebagian dari perusahaan tersebut bahkan menggunakan video dan grafis sebagai bentuk produk yang mereka berikan ke pengguna mereka.

4. Youtuber

Ilustrasi Millioner dari Youtuber Atta Halilintar via batutimes com
Baca Juga  Tips Produktif di Usia Muda Ala Boy William

Yaa jika anda cukup pede dan senang hang out atau kepo, usaha ini menjanjikan bagi anda. Membuat channel di Youtube dan mulai nge-Vlog dan posting video/V-log rutin akan membuat anda menjadi selebriti youtube.

Jangan tanya penghasilan yang akan anda peroleh, Milliaran rupiah per bulan menanti anda 🙂

5. Broker atau Agen

Ilustrasi Agen Property via rumah com

Menjadi broker atau agen lepas juga cukup menjanjikan untuk anda coba, usaha ini minim modal, cokap memberi informasi dan jika terjadi transaksi anda akan memperoleh fee sebagai balas jasa atau bayaran anda.

Besaran fee variatif tergantung jenis produk, tapi biasanya (untuk properti) dikisaran 2-3 persen dari total transaksi. Misalnya, jika anda berhasil memperoleh pembeli sebuah Rumah seharga Rp. 500.000.000, maka anda akan memperoleh fee sebesar Rp 15.000.000 (3 persen).

Saat ini sangat mudah bagi anda untuk mendapatkan akses ke banyak pembeli tanpa harus mengunjunginya satu per satu atau berkeliling kota setiap hari. Anda dapat memulainya dengan menggunakan platform OLX.co.id untuk menawarkan jualan anda.

Selain Properti yang banyak membutuhkan jasa broker adalah kendaraan dan lahan kosong.

6. MLM (Multi Level Marketing)

Ilustrasi Skema Multi Level marketing via medium com

Usaha sampingan ini dari jaman dahulu masih tetap eksis sampai sekarang. Jangan berpikiran di multi level marketi hanya yang duluan masuk yang menikmati. Dimanapun itu yang tekun dan serius serta giat yang akan memperoleh hasilnya.

Jadi tidak ada salahnya anda mencoba juga usaha sampingan ini, siapa tau dapat menjadi sumber penghasilan yang baik untuk menunjang kebutuhan anda dan keluarga anda. Hanya saja anda harus selktif dan hati-hati memilih perusahaan MLM yang akan anda ikuti jangan sampai perusahaan tersebut tidak bertanggung jawab malah akan menambah kerugian anda.

Ok sahabat KabarUang (KU) itu 6 ide inspiratif usaha sampingan yang patut anda coba, baik bagi karyawan maupun ibu rumah tangga. Saya hanya memberikan contoh 6 ide usaha sampingan ini saja, Di tulisan berikutnya semoga saya dapat berikan tambahan ide lain lagi yang cocok untuk kondisi saat ini dan detail bagaimana cara menjalankannya.

Silahkan dicoba dan jika menurut anda bermanfaat silahkan di share ke kerabat lainnya agar lebih banyak lagi yang dapat mencobanya. Salam dan sukses untuk anda..

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here