Emas Diambang Kebimbangan, Kini Emas Terus Turun

0
Ilustrasi Emas via moneysmart id
KabarUang.com, Jakarta – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange dikabarkan kembali turun pada perdagangan hari Kamis waktu setempat, setelah ekonomi Amerika Serikat (AS) gagal capai target yang ditetapkan. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman bulan April turun sekitar USD5,10 atau sekitar 0,39%, yang artinya menjadi menetap di USD1.316,20 per ounce. Demikian seperti dilansir dari Xinhua, dikawasan Jakarta, pada hari Jumat (1/3/2019).

Baca Juga  Jurus Mandiri Sekuritas Dukung Pembiayaan Infrastruktur

Ekonomi AS juga kini menunjukkan tumbuh sekitar 2,6% pada kuartal keempat tahun 2018. Pertumbuhan ini juga lebih lambat dari 3,4% pada kuartal ketiga, tetapi lebih baik ekspektasi para analis. Dengan demikian, sepanjang 2018 ekonomi AS tumbuh 2,9% dan juga gagal capai target 3%.

Sementara itu untuk Indeks Pembelian Manajer (PMI) Chicago, indikator utama lain dari ekonomi AS, naik tajam pada bulan Februari tahun 2019 karena pesanan baru mencatat kenaikan dua digit.

Baca Juga  Utang Luar Negeri Indonesia Naik Rp 78,1 Triliun Menjadi Rp 5.442,8 Triliun

Indeks mengalami percepatan menjadi sekitar 64,7 pada bulan Februari, naik delapan poin dari 56,7 pada bulan Januari dan juga menandai angka tertinggi sejak bulan Desember tahun 2017, lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) Chicago dalam laporannya.

Data ekonomi positif mendukung dolar AS dan juga imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun, kata para analis, yang pada gilirannya menekan aset-aset safe haven seperti halnya emas.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman bulan Mei turun sekitar 13,2 sen AS atau sekitar 0,84% yang artinya menjadi ditutup pada USD15,634 per ounce, sedangkan Platinum untuk pengiriman bulan April malah naik USD5,30 atau sekitar 0,61% menjadi menetap di angka USD875,20 per ounce.

Baca Juga  MTN Rp 300 Miliar Diterbitkan OKI Pulp & Paper Mils
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here