Ditargetkan Ekspor Nonmigas Harus Tembus USD175 Miliar

0
8
Ilustrasi Ekspor Nonmigas via infopublik id
KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan telah menetapkan target bahwa ekspor nonmigas pada tahun 2019 tumbuh sebesar 7,5% totalnya yakni menjadi USD175 miliar.

“Pertumbuhan ekspor ditetapkan hanya 7,5%. Apa yang ditetapkan lebih pada realita yang akan kita hadapi di tengah ketidakpastian ekonomi seperti yang disampaikan Presiden,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dilansir dari Antaranews, Kamis (14/3/2019) seperti dikutip dari okezone com

Enggar juga mengatakan bahwa penetapan target ekspor ini didasari dengan perkembangan yang terjadi pada perekonomian dunia yang sedang melambat serta juga berdasarkan dari proyeksi dari berbagai lembaga dunia, seperti proyeksi IMF dan juga World Bank.

Menurut data BPS, secara kumulatif mengenai nilai ekspor atau migas dan juga nonmigas Indonesia pada bulan Januari sampai Desember tahun 2018 mencapai sekitar USD180,06 miliar atau juga meningkat 6,65% dibanding periode yang sama tahun 2017. Khusus untuk ekspor nonmigas pada tahun 2018, nilainya mencapai USD162,65 miliar atau dinyatakan meningkat sekitar 6,25% dari realisasi ekspor tahun sebelumnya sebesar USD153 miliar.

“Kami tidak berani untuk menargetkan ‘double digit’ karena melihat perkembangan ekonomi dunia yang melambat ini,” kata Enggar seperti dikutip dari okezone com

Ada pun lima sektor yang menjadi prioritas komoditas ekspor sesuai dengan Industri 4.0 adalah makanan dan juga minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik dan bahkan kimia. Enggar juga menambahkan meski Indonesia masih mengalami defisit neraca perdagangan tahun 2018 sebesar USD8,57 miliar, nilai ekspor bisa tumbuh selama investasi masih terus dilakukan.

Baca Juga  Wisatawan Asia Tenggara Menjadi Target Badan Pariwisata Paris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here