Demi Tingkatkan SDM, PT Kereta Api Indonesia Gaet Kereta Api Italia

0

Ilustrasi via Youtube 

KabarUang.com, London – PT Kereta Api (PT KAI) dan Kereta Api Italia melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang diwakili oleh masing-masing pimpinannya yakni Edi Sukmono selaku Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Flippo Scotti selaku Executive Vice President Ferrovie Dello Stato (FS) International, Italia. Penandatanganan ini dilaksanakan di Kantor Pusat FS Internasional, Roma dengan para saksi yang hadir yaitu Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, juga Fungsi Penerangan KBRI Roma, Minister Counsellor Charles F. Hutapea pada hari Jumat(22/03).
MoU ini merupakan nota kesepahaman yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kapasitas manajerial SDM melalui kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan, pertukaran informasi, pertukaran personil, penelitian, teknologi, serta infrastruktur, seperti yang dilansir dari antaranews.com.
Flippo Scotti selaku Executive Vice President Ferrovie Dello Stato (FS) International, Italia mengaku sangat bahagia dengan ditandatanganinya MoU ini sebagai hasil kerja keras kedua pihak. Sedangkan Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia berharap bahwa kerjasama ini nantinya akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi karyawan PT KAI yang jumlahnya sekitar 30 ribu.
Sementara itu, Esti Andayani selaku Duta Besar mengatakan dirinya menyambut hangat langkah awal dari kerjasama yang dijalani kedua belah pihak. Dirinya juga berharap agar kerja sama ini bisa terus berlanjut. Pihaknya ingin mendorong lebih banyak kerja sama pertukaran, mengadakan pelatiha, serta saling kunjung yng dilakukan kedua pihak dalam rangka meningkatkan kualitas SDM serta bidang lain.
Pada kesempatan tersebut, Delegasi dari PT KAI Indonesia berkesempatan untuk melihat Roma Termini Station dan Napoli Afragola Station, yang merupakan fasilitas stasiun kereta modern yang baru selesai dibangun. Disana sudah diterapkan sistim transit-oriented development yang dikembangkan dengan ruang bisnis, rekreasi serta pemukiman yang efektif dan efisien. Pihak PT KAI Italia mengatakan hal ini dilakukan guna meningkatkan jumlah penumpang angkutan kereta api, optimalisasi aset serta pertumbuhan kota yang berkelanjutan.
Vice President New Business Corporation PT KAI, Aloysius Guntur mengatakan tindak lanjut dari penandatanganan ini dilakukan dengan mengirimkan sekitar 40 orang pegawainya tahun ini untuk melaksanakan pelatihan manajemen aset serta high spees train yang direncanakan mulai pada bulan Juni mendatang.
Diharapkan peningkatan kapasitas manajerial SDM itu dapat meningkatkan tata kelola serta optimalisasi aset serta menghasilkan pelayanan terbaik PT KAI untuk masyarakat Indonesia.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  PLN Inginkan Banten Jadi Kawasan Industri Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here