Deflasi 0,8% Bersumber dari Bahan Makanan

0
Ilustrasi Bahan Makanan via brilio net
KabarUang.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik atau BPS telah mencatatkan pada bulan Februari 2019 terjadi deflasi sebesar 0,08% atau bisa juga disebut month to month/mtm. Laju ini juga lebih terkendali dari bulan Januari 2018 yang tengah mengalami inflasi sebesar 0,32%.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian yakni Darmin Nasution mengatakan bahwa salah satu faktor pemicu terjadinya deflasi adalah karena turunnya sejumlah harga makanan. Khususnya pada komoditas pangan seperti ayam dan juga telur.

Baca Juga  RI Berhadapan Dengan Era Digital Global, Bagaimana Melewatinya ?
Selama bulan Februari, harga daging ayam yang selama ini selalu naik mulai turun. Tak terkecuali juga pada harga telur ayam yang memang belakangan ini menjadi penyebab inflasi karena harganya yang melambung tinggi.

“Sumbernya di bahan makanan, terutama ayam, telur dan bumbu-bumbuan seperti cabai dan bawang,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/3/2019) seperti dikutip dari okezone com

Sementara itu untuk harga komoditas pangan lainnya seperti cabai dan juga bawang, Darmin juga menyebut ada penurunan. Pasalnya, pada bulan Februari ini stok kedua komoditas pangan tersebut melimpah sehingga harganya pun kembali terkendali.

Baca Juga  Mata Uang Rupiah dan Peso Semakin Lesu, Dibanding Mata Uang Lain

Melimpahnya stok dikarenakan pada bulan Februari ini merupakan musim panen raya yang memang mengalami molor dari waktu sebelumnya. Sehingga yang tadinya sempat menipis pada awal tahun ini stok kedua bahan pokok ini juga sudah mulai tersedia dengan cukup baik.

Meskipun begitu kedua komoditas pangan ini tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap angka deflasi. Karena kontribusi utama penyebab deflasi adalah dari harga ayam ras dan juga pada telurnya.

Baca Juga  Kemajuan Teknologi Harus Bisa Jadi Peluang Inklusi Keuangan

“Harga pangan lainnya juga turun tapi memang tidak signifikan tapi dia enggak minus,” ucapnya seperti dikutip dari okezone com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here