Contoh Bisnis Model Kanvas Makanan

0

KabarUang.com, PELUANG USAHA – Sekarang ini telah muncul berbagai macam contoh bisnis model kanvas makanan di dunia maya. Hal ini tak lain karena usaha kanvas ini ternyata cukup potensial sekali dalam memberikan keuntungan bagi pebisnis online.

Bahkan, Meskipun Anda adalah seorang pekerja full time, bukannya tidak mungkin lagi bila Anda masih bisa mencoba bisnis kanvas ini di rumah. Karena memang bisnis model kanvas adalah media terbaik untuk mewujudkan keinginan.

Bisnis Model Kanvas, Pengertian, Tujuan & Kegunaannya

Melihat dari segi pengertiannya, bisnis model kanvas merupakan sebuah strategi management bisnis yang bisa membuat Anda dapat menggambar dan mendesain, setelah itu mengerucutkan lagi ke dalam beberapa aspek bisnis agar tercipta sebuah strategi bisnis yang benar-benar utuh.

Metode ini cukup sederhana dari pada membuat rencana bisnis pada umumnya. Dengan metode inilah Anda bisa memetakan alur strategi yang jauh lebih efektif dan sederhana. Sehingga, mudah dimengerti.

Sedangkan, bila dilihat dari tujuannya, sebenarnya contoh bisnis model kanvas makanan saat ini mulai berkembang. Karena tujuannya agar dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis agar lebih mudah dan tertata.

Anda hanya perlu mengeluarkan secarik kanvas atau kertas saja. Setelah itu, tulis business plan Anda, karena BMC ini sebenarnya sebuah alat representasi visual yang bisa menjelaskan proses bisnis secara komprehensif agar mudah dimengerti.

Baca Juga  Bursa Kripto Asal Korea Selatan Sebar Token Senilai Rp1 M

Selanjutnya, bila ditinjau dari segi kegunaannya, sudah jelas beberapa contoh bisnis model kanvas makanan yang berkembang saat ini berguna sekali untuk menciptakan diskusi bisnis yan glebih terstruktur.

Karena kini Anda tak harus membuat sebuah rencana bisnis yang panjang dan bisa menghabiskan waktu Anda. Tak heran bila beberapa perusahaan kerap menggunakan metode BMC ini saat meeting bersama karyawannya. Karena metode ini bisa juga dijadikan sebagai brainstorming.

Tak hanya itu saja, berkat banyaknya contoh bisnis model kanvas makanan saat ini mampu membantu Anda untuk merancang sebuah bisnis menjadi lebih cepat. Jadi, bila sebelumnya Anda mungkin membuat hingga 40 lembar rencana bisnis yang begitu detail dan merepotkan, maka Anda bisa menggunakan metode ini untuk meluncurkan sebuah usaha startup yang lebih ekonomis dan hemat biaya.

Selanjutnya, dengan BMC ini juga Anda bisa membantu Anda untuk membangun sebuah portfolio ide bisnis yang lebih baik dan terencana. Umumnya saat Anda menciptakan sebuah rencana bisnis menggunakan model yang lama, Anda bisa menghabiskan waktu sampai berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

Namun, berkat metode ini, Anda hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk membuat sketsa model bisnisnya secara menyeluruh. Sehingga, ini bisa mempersingkat waktu dan tenaga Anda.

Cara Membuat Bisnis Model Kanvas Usaha Makanan

Sebelum melihat seperti apakah contoh bisnis model kanvas makanan yang benar, maka Anda harus tahu dulu bagaimana cara membuat bisnis model kanvas ini berjalan dengan sempurna! Jawabannya simple sekali.

Baca Juga  Betapapun Hebatnya Google, Ia Juga Sempat Mengalami Kegagalan

Anda hanya perlu berlatih untuk membuat model bisnis canvas ini dan pahami mendalam tentang setiap elemen BMC dengan baik. Misalnya saja, seperti 9 elemen yang akan dibahas di dalam contoh bisnis model kanvas makanan di bawah ini.

Berikut Contoh Bisnis Model Kanvas Makanan

Salah satu contoh bisnis model kanvas makanan adalah dengan membuka usaha strawberry. Tujuannya adalah membuat makanan sehat yang berasal dari buah strawberry yang segar. Jadi, untuk cara membuatnya cukup mudah.

Namun, bila Anda masih kesulitan membuat bisnis model kanvas dari makanan, maka coba saja jawab pertanyaan ini dulu. Sehingga, Anda tahu seperti apakah contoh BMC makanan yang benar.

Pertama, siapakah yang bakal membeli produk Anda dan siapa yang akan membayar jasa Anda? Kedua, Mengapa konsumen harus menggunakan jasa atau produk Anda? Seperti apakah kelebihan bisnis Anda daripada kompetitor lainnya?

Apa yang membuat bisnis Anda menarik? Ketiga, Bagaimana cara konsumen mengetahui produk yang Anda tawarkan dan bagaimanakah caranya supaya jasa atau produk Anda sampai ke pelanggan?

Ke-empat, berbicara tentang customer relationships, maka bagaimana caranya supaya Anda dapat selalu terhubung dengan para pelanggan dan bagaimana juga caranya supaya Anda bisa memastikan mereka puas atau tidak?

Baca Juga  Izin Usaha BPR Dicabut Oleh OJK

Kelima, bagaimanakah caranya agar bisnis Anda dapat menghasilkan uang dan apa saja produk yang mau dijual?

Ke-enam, kegiatan apa yang dilakukan demi menciptakan value proposition dan strategi seperti apakah yang harus dilakukan?

Ke-tujuh, sumber daya apakah yang wajib ada demi menjalankan bisnsi, dan aset apa yang dibutuhkan supaya dapat bersaing dengan bisnis yang sama? Ke-delapan, siapakah yang bisa mengerjakan semua kebutuhan perusahaan diluar key activitiesnya? Siapakah supplier yang bisa menentukan kesuksesan bisnis Anda?

Yang terakhir adalah, pengeluaran apa saja supaya bisnis bisa berjalan? Dengan memahami pertanyaan itulah, dijamin Anda bisa mencoba contoh bisnis model kanvas makanan ini.

Contoh Bisnis Model Canvas (Kanvas) atau BMC yang lain dapat anda lihat sebagai bahan pertimbangan berikut ini:

Ilustrasi Contoh Kerangka BMC Usaha Dapur Cokelat via slideplayer info

Ilustrasi contoh BMC Makanan Sehat via kompasiana com

Ilustrasi sample bisnis model kanvas restoran kecila atau kedai via erva-doce info
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here