Buku Impor di Big Bad Wolf Akan Diinvestigasi Sri Mulyani

0
3
Ilustrasi Sri Mulyani via inews id
KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Keuangan atau Kemenkeu akan segera melakukan investigasi terkait ketentuan impor buku dalam pameran buku Big Bad Wolf atau BBW Book Sale 2019. Pemerintah juga akan melakukan pemeriksaan terkait bea masuk buku-buku dalam pameran tersebut, karena harga jualnya yang ternilai sangat murah.

BBW Book Sale 2019 merupakan pameran buku yang berlangsung secara tahunan sejak dari pertama kali digelar di tahun 2009. Di mana, pada tahun ini berlangsung selama dalam 11 hari, tepatnya pada tanggal 1 sampai 11 Maret 2019 di ICE BSD, Tangerang. Pameran ini juga dibuka selama 24 jam dengan terdapat pilihan sekitar 5,5 juta unit buku.

Menteri Keuangan yakni Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk mengetahui persoalan murahnya buku impor di pameran tersebut harus memerlukan investigasi lebih lanjut lagi.

“Terus terang soal itu harus investigasi. Saya juga suka buku, jadi suka perhatikan buku yang dijual bahkan yang ada dalam marketpalce ataupun fisik, ada juga perbedaan. Kami lihat bagaimana praktik keseluruhan ini,” kata dia ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3/2019) seperti dikutip dari okezone com
 

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu yakni Heru Pambudi menambahkan bahwa pihaknya akan segera melakukan pengecekan terkait ketentuan impor dari buku-buku tersebut. Pasalnya, memang untuk buku kategori ilmu pengetahuan dibebaskan bea masuk. Sedangkan untuk jenis novel memang dikenakan bea masuknya.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Dirjen Bea Cuka Nomor 16 Tahun 2013 tentang Penegasan Pelayanan Importasi Buku Ilmu Pengetahuan, buku impor kategori ilmu pengetahuan yaitu seperti buku pelajaran umum, pelajaran agama, dan juga kitab suci.

Baca Juga  Menteri ESDM : Subsidi Elpiji Harus Tepat Sasaran

“Ilmu pengetahuan itu kan maknanya luas. Jadi nanti saya cek, besok aku cek ya (ke pameran),” kata dia di kesempatan yang sama seperti dikutip dari okezone com

Berdasarkan pantauan Okezone dalam laman resmi BBW Book Sale, harga buku fiksi dalam pameran tersebut seperti halnya berjudul Origin karya Dan Brown dipatok sebesar Rp105.000 dari harga asilnya yaitu sekitar Rp850.000.

Lalu buku berjudul The Muse karya Jessie Burton dibanderol dengan harga Rp80.000 dari harga asli sekitar Rp453.000, kemudian buku berjudul Paris for One karya Jojo Moyes dengan seharga Rp70.000 dari harga asliya yakni Rp210.000, serta buku karya Rick Riordan yang berjudul Magnus Chase and the Gods of Asgard dikenakan patokan harga Rp80.000 dari aslinya yaitu Rp437.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here