BKPM Akan Dorong Pemda Kembangkan Ekonomi Digital, Dengan Cara Ini

0
Ilustrasi Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi Indriani
KabarUang.com, Jakarta – Badan Koordinasi Penanaman Modal atau yang disingkat dengan BKPM, tengah menggelar Regional Investment Forum atau RIF di ICE BSD, Tangerang, hari ini, Senin pada tanggal 11 Maret 2019. Acara itu juga digelar untuk mendorong investasi ekonomi digital dan juga industri pariwisata.

Pada forum yang diikuti kurang lebih dari sekitar 800 peserta tersebut, diharapkan membuka jalur komunikasi antara pemerintah daerah, lalu calon investor, dan juga startup yang ada di Indonesia serta pemerintah pusat.

Baca Juga  OJK Menilai Perlu Peran Generasi Milenial Untuk Merealisasikan Potensi Indonesia Menjadi Pusat Ekonomi Dan Keuangan Syariah Dunia

“Harapannya, tentu saja agar investasi di bidang ekonomi digital dan pariwisata naik secara signifikan,” kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal pada BKPM, Farah Ratnadewi Indriani seperti dikutip dari viva co id

Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau yang disebut juga dengan APJII yang dipaparkan BKPM, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai sebanyak 143 juta atau sekitar 54 persen dari total populasi dengan jumlah pemilik smartphone dan juga mobile internet mencapai mencapai 90 juta.

Baca Juga  Walt Disney Akhirnya Akuisisi 21st Century Fox Senilai Rp 1.000 Triliun

Melalui riset Google disebutkan, bahwa market size ekonomi digital Indonesia juga mencapai US$27 miliar dan juga berpotensi menjadi US$100 miliar pada tahun 2025. Dari aliran investasi asing per tahun di level US$20-25 miliar yang diperkirakan ada sekitar 10 persen disumbang dari sektor ekonomi digital.

“Dari data banyaknya pengguna internet dan besarnya nilai market size ekonomi digital di Indonesia, kami yakin, dapat mengembangkan potensi investasi di daerah terutama soal ekonomi digital di daerah mereka,” ungkapnya seperti dikutip dari viva co id

Baca Juga  Produksi Jagung Petani Gorontalo Capai 1,7 Juta Ton di Tahun 2019

Tak hanya itu saja dengan adanya pengembangan investasi ekonomi digital di daerah, pemerintah berharap target menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di seputaran ASEAN pada tahun 2020 akan segera terwujud.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here