Baru Awal Maret, Investor Asing Sudah Masuk Rp 68 Triliun

0

Ilustrasi via Mysharing com
KabarUang.com, Jakarta – Awal Maret jumlah investor asing yang sudah masuk menurut catatan Bank Indonesia (BI) mencapai Rp 68 triliun. BI menyatakan bahwa dana investor asing itu berasal dari pembelian Surat Berharga Negara (SBN) maupun portofolio saham.
“Inflow masuk sekitar Rp 68 triliun,”ujar Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah di Kantor Kementrian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta pada Selasa (5/3).
Beliau mengatakan banyaknya dana asing yang masuk ini karena meredanya tekanan global, seperti adanya negosiasi antara Amerika Serikat (AS) dan China yang ingin mengakhiri perang dagang.
Selain itu, tekanan global mereda akibat adanya normalisasi moneter dari The Federal Reserve (The Fed) yang melambat. Kabarnya The Fed hanya menaikkan suku bunga satu kali pada tahun 2019 ini.
“Jadi rupiah sekarang sudah sangat stabil sekali karena yang suplai ada (capita inflow),”ujar Nanang.
Di sisi lain, pasar Indonesia juga semakin menguat degan adanya instrumen Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF) sehingga bukan hanya perdagangan spot dan swap.
“Kita memastikan kecukupan likuiditas dipasar antar bank cukup, jadi bank tidak perlu khawatir,”tambahnya.
Sebelumnya Gubernur Bank Indoensia pun sudha mengatakan bahwa dana investor yang masuk hingga akhir Februari mencapai Rp 63 triliun.
“Aliran modal asing masuk sampai 28 Februari 2019 secara total  year to date Rp 63 triliun,”ujar Perry Wrjiyo saat ditemui di Kompleks Masjid BI, Jakarta pada 1 Maret 2019 lalu.
Beliau juga merincikan pemasukan modal asing itu. Sebanyak Rp 49,5 triliun masuk melalui SBN. Sebesar Rp 12,6 triliun masuk melalui pasar saham. Sisanya sebanyak Rp 1,4 triliun didapat dari SBI.
“Ingat bahwa awal Februari tahun lalu mulai tejadi pembalikan modal asing. Jadi tahun lalu hanya Rp 6 triliun yang masuk ke SBN Rp 12 triliun tapi yang keluar dari saham Rp 7,4 triliun,”tambah Gubernur Bank Indonesia itu.
Hasil yang diperoleh saat ini membuktikan bahwa Indonesia sudah berhasil meningkatkan kepercayaan investor global.
“Berlanjutnya aliran modal asing masuk ke khususnya portofolio ini menunjukkan memang confident investor terhadap prospek ekonomi Indonesia terhadap kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah dan Bank Indonesia dan berbagai pihak, dan juga bagaimana aspek pengembangan pasar itu menunjukan confidentnya cukup bagus,”tutupnya.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Kadin Gelar Acara HUT ke-50, Jokowi Turut Hadir dan Memberikan Sambutan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here