Aplikasi Simantu Jawab Tantangan Industri 4.0

0
Ilustrasi via Kontan com

KabarUang.com, Jakarta – Mengahadapi industri 4.0 Indonesia luncurkan aplikasi Sistem Manajemen Pengetahuan (Simantu) melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono guna membantu mengembangkan sektor konstruksi nasional.
“Sistem ini menjadi alat untuk mengatur seluruh pengetahuan bidang PUPR yang terakumulasi selama ini,”ujar Basuki dilansir dari antanews.com pada Sabtu (2/3).
Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) diresmikan di acara PUPR 4.0 Expo pada 28 Februari lalu. Aplikasi merupakan aplikasi yang didesain untuk manajemen pengetahuan. Simantu berisi aset intelektual khususnya tentang PUPR yang bisa diakses di http:/simantu.pu.go.id atau para pengguna smartphone bisa mengunduhnya di Android.
“Hal ini menandakan organisasi Kementrian PUPR harus menjadi organisasi yang selalu belajar, karena semua akan berubah,”tambahnya.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu mengatakan bahwa simantu ini adalah jawaban dari tantangan era industri 4.0. dirinya menilai bahwa industri 4.0 ini ditandai dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan untuk mencapai efisiensi yang tinggi serta kualitas produk yang lebih baik. Bukan hanya itu, tapi juga bisa memberikan nilai tambah terhadap suatu produk bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur. Pihaknya juga mengatakan dibuatnya sistem ini agar masyarakat semakin mengetahui informasi-informasi tentang pengetahuan di bidang PUPR.
“Semoga dengan Simantu bisa selalu menyajikan informasi-informasi yang baru dalam perkembangan pengetahuan bidang PUPR,”ujarnya.
Lolly Martina Martief selaku Kepala BPSDM mengatakan bahwa ide pembuatan Simantu sudah ada sejak 2017 lalu yang menginginkan untuk membuat sebuah sistem berisi manajemen pengetahuan. Beliau juga mengatakan bahwa sistem tersebut dibuat untuk sarana aset intelektual juga bisa digunakan kembali oleh SDM Kementrian PUPR dan masyarakat umum.
Jadi, aplikasi Simantu ini merupakan sistem perpustakaan dunia maya (library 3.0) yang dijadikan sebagai dokumentasi tentang keilmuan yang ada di Kementrian PUPR serta menjadi sumber pengetahuan sekaligus solusi atas berbagai permaslaahan teknis maupun nonteknis ddalam bidang PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Indonesia Gencar Mengenbangkan Banyak Sektor Demi Perekonomian Rakyat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here