9 Kisah Sukses Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Advertisement

9 Kisah Sukses Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Senin, 11 Maret 2019
KabarUang.com, PELUANG USAHA - Pertanyaan tentang ide bisnis ibu rumah tangga yang cocok dan menguntungkan bagi ibu rumah tangga masa kini mungkin terlintas juga di benak anda dan ibu rumah tangga lainnya.

Berpredikat ibu rumah tangga bukan hal yang mudah, tapi bukan juga menjadi pembatas kreatifitas dan peluang ibu rumah tangga untuk memperoleh penghasilah besar melauli bisnis sampingan yang dimulai dari rumah.

Istilah Mompreneur atau ibu-ibu pengusaha di kalangan milenial ataupun yang telah lama sukses membangun bisnis tidak sedikit berawal dari usaha sampingan.

Begitu juga dengan anda, dengan memulai hal yang kecil tidak menutup kemungkinan usaha sampingan ibu rumah tangga bisa menjadi bisnis dengan penghasilan yang sangat besar.

9 kisah kesuksesan usaha sampingan ibu rumah tangga berikut ini semoga dapat mengispirasi dan memotivasi ibu-ibu rumah tangga untuk bukan saja memperoleh ide tapi memulai aksi mambangun usahanya dari rumah.

Silahkan di share atau di bagikan ke teman yang lain yang sekiranya membutuhkan informasi inspiratif ini atau yang mungkin dapat menjadi rekan anda membangun usaha rumahan Bersama.

Berikut Kisah Inspiratif Kesuksesan Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga:


1. Anggita Prima (Raja Pisang Nugget)



Anggita Prima merupakan ibu rumah tangga penggemar kulinar pisang goreng pasir. Pisang goreng pasir ini dibuatnya sendiri dengan resep coba-coba.

Dari beberapa kali eksperimen untuk konsumsi sendiri, ia mulai mencari informasi resep melalui internet. Setelah dicoba, akhirnya ia memperoleh resep yang sangat enak.

Setelah memperoleh respon positif dari kerabat yang mencobanya, Anggita Prima mencoba membuat usaha Raja Pisang Nugget.

Tahun 2017, Raja Pisang Nugget menjadi viral. Media pemasaran yang digunakan Anggi hanya melalui Instagram. Hingga saat ini, gerai pisang nugget milikya sangat ramai dan cukup sukses.

Kesuksesan usaha yang awalnya sampingan ini sampai mampu menggunakan penyanyi nasional Dewi Persik untuk meng-endorse Raja Pisang Nugget di Instagram.

2. Alicia Shaffer (Bisnis Handmade Threebirdnest)



Alicia Shaffer merupakan ibu rumah tangga dengan 3 anak. Ia membuat kerajinan tangan atau handmade berawal dari hobi.

Dari hobi tersebut ia mulai berkreasi dan mencoba menjual melalui media internet. Ia akhirnya sukses memperoleh banyak permintaan dan penjualan.

Dari awalnya menggunakan marketplace serta media social, hingga akhirya ia membuat website sendiri untuk melayani penjualan produk kerajinan tangan miliknya bernama Threebirdnest.com.

Produk yang dijual Alicia Shaffer ini antara lain bandana (produk awalnya), scarf, gelang, kaus kaki dan kalung.

3. Wati Hendrawati (Katering Yufeto Bandung)



Wati Hendrawati merupakan salah satu nama yang sangat dikenal pecinta kuliner khususnya di Bandung.

Melalui Katering Yufeto yang dibangun Wati Hendarawati sejak 1972 hingga saat ini masih laris.

Ibu rumah tangga ini sering memperoleh pesanan nasi kotak di acara kampus keponakannya di UNPAD.

Dari situ, rasa dari makanan yang dibuat oleh ibu rumah tangga ini mulai dipasarkan dari mulut ke mulut hingga bisa berthan bahkan sebesar saat ini.

Nama Yufeto sendiri diambil dari nama anak-anak Wati Hendrawati yaotu Yuki, ferry dan Tony.

4. Gigi Butler (Bisnis Cupcake)



Gigi Butler merupakan ibu rumah tangga yang memulai usahanya dengan modal yang ada direkeningnya hanya sebesar USD 33.

Awalnya Gigi Butler merupakan karyawan layanan cleaning service door to door. Dan ia mulai berani memulai usaha setelah ia mendapat telepon dari saudarnya yang mengomentari antrian cupcake selama berjam-jam dimana rasanya tidak lebih enak dari yang ia buat.

Ia mulai membuat cupcake dibantu oleh ibunya yang meramu resep dan ayahnya yang mendesain took sederhana di Nashville, Tenesse, Amerika Serikat.

Tidak disangka, dibulan pertam ia memulai usahanya, ia berhasil membukukan keuntungan sebesar USD 6.800. Hal ini menjadi pemacu ia untuk serius lagi membangun usahanya.

Dengan konsep franchise, Gigi Butler telah memiliki cabang lebih dari 92 lokasi di lebih dari 23 negara bagian.

5. Lanny Siswadi (Sambal Bu Rudy)



Lanny Siswadi merupakan sosok ibu rumah tangga di balik brand oleh-oleh Surabaya Sambal Bu Rudy.

Hingga menjadi sebesar saat ini, Sambal Bu Rudy bermula dari kegemaran Lanny Siswadi membuat sambal untuk sang suami Pak Rudy.

Pak rudy sering membawa hasil tangkapannya berupa ikan dan udang. Dan Bu Lanny yang berasal dari Madiun, selalu membuat olahan sambel yang enak.

Beberapa rekan dan keluarga yang mencicipi sambal tersebut selalu memberi masukan bu Lanny untuk membuka warung.

Bu Lanny mulai memberanikan diri membuka warung keliling. Menu yang dibuat salah satunya Nasi Sambal Udang mulai dikenal dan digemari banyak orang. Hingga akhirnya dapat diproduksi massal dalam kemasan botol hingga sat ini.

6. Sarah Davis (Toko Online Fashionphile.com)



Sarah Davis merupakan seorang mompreneur yang cukup berani keluar dari zona nyaman memulai usaha.

Sarah Davis merupakan seorang pengacara, tapi ibu dari 4 orang anak ini memutuskan keluar dari profesinya sebagai pengacar untuk memulai bisnis took online.

Toko onlinenya menawarkan dan menjual dompet serta tas. Dari Fashionphile.com, toko online milik Sarrah Davis ini telah berhasil memperoleh USD 4,5 juta lebih dari penjualan tas dan dompet diseluruh dunia.

7. Selly (Treat Inc Cheesecake in Jar)



Selly awalnya adalah seorang karyawan pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan.

Dengan waktu kerja yang cukup padat, ia mersa tidak leluasa untuk mengurus keluarga kecilnya.

Ibu rumah tangga ini kemudian memberanikan diri untuk memulai usaha makanan sehat dengan mengajak sahabatnya.

Selly membuat sebuah usaha premium cheese cake yang dikemas dalam toples kecil. Hal ini menyebabkan produk makanan yang ia buat mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Treat Inc Cheesecake in Jar ini menjadi usaha sampingan yang cukup sukses menambah pundi-pundi pengahasilan Selly. Cheese cake miliknya tersedia dengan berbgai varian rasa, seperti Oreo, Green Tea, Ovomaltine, Choco chips, dan lainnya.

8. Nanik Soelistiowati (Pisang Madu Bu Nanik)




Usaha sampingan bu Nanik Soelistiowati seperti Namanya adalah olahan pisang goreng dengan campuran madu.

Awalnya bu Nanik bukan berbisnis pisang goreng, melainkan julanan nasi kotak. Nasi kotak bu nanik ini lengkap dengan buah pisang.

Karena buah pisang pelengkap ini banyak yang tidak bagus tampilannya untuk disertakan di paket nasi kotak, maka bu Nanik menggoreng pisang tersebut kemudian memberi campuran madu.

Tak disangka, pelanggan yang bu Nanik malah doyan dengan kreasi pisang goreng madunya.

Hingga saat ini, produk Pisang Madu Bu Nanik menjadi jajanan kuliner yang sangat laris dan memberikan omset besar bagi bu Nanik. Di gerainya pun, bu Nanik menambah kreasi kulinernya menggunakan sukun, nagka da bahan lainnya.

9. Debbi Fields (Kue Kering Mrs. Fields)



Ibu rumah tangga ini sukses membangun usaha sampingannya menjadi bisnis multinasional.

Debbi Fields membuat usaha kue kering dengan merek Mrs. Fields. Kisah mompreneur ini mulai saat ia berusia 20 tahun.

Dari usaha kue keringnya ini ia sudah memiiki bisnis dengan nilai USD 450 juta.

Nah, itu adalah kisah sukses ibu rumah tangga yang dimulai dari usaha sampingan di rumah. Dengan era informasi digital saat ini, dimana semua terkoneksi dengan internet. Harusny lebih mempermudah ibu rumah tangga untuk memperoleh informasi, ide, kreasi, peluang menciptakan bisnis rumahan.

Selain itu, menjamur dan mudahnya kita berjualan melalui patform marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak saat ini harusnya menjadi pendukung yang sangat baik untuk dimanfaatkan memperkenalkan dan menjual produk usaha sampingan yang kita buat dirumah.

Ok mompreneur, sudah menemukan ide? Yuk dimulai sekarang dengan menjelajahi internet untuk memperoleh informasi detail terkait idenya dan cara menjalankannya.

Boleh juga cari mitra atau partner bisnis dari sekarang dengan membagikan atau share artikel informatif ini kepada sahabat atau rekan yang anda anggap dapat menjadi mitra memulai usaha bersama atau dapat menginspirasi mereka juga.

Sukses dan sampai jumpa dikisah sukses usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya.