318 Pemda Siap Anggarkan Seleksi Untuk Pegawai Setara PNS

0
Ilustrasi Seleksi Pegawai Setara PNS via bekraf.go.id
KabarUang.com, Jakarta – Badan Kepegawaian Negara  (BKN) tengah memproses hasil seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Setidaknya hasil seleksi PPPK di sebanyak 318 pemerintah daerah (pemda) sedang pada proses verifikasi dan juga validasi di BKN.

Seleksi PPPK diikuti sebanyak 72.980 peserta. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 51.293 lolos passing grade. Perinciannya, untuk PPPK guru jumlah yang mengikuti seleksi yakni ada sebanyak 55.937 peserta, di mana sekitar 34.954 di antaranya lolos passing grade. Selanjutnya untuk tenaga kesehatan yang mengikuti seleksi sebanyak 2.141 peserta, dimana sekitar 1.792 di antaranya memenuhi passing grade.

Sementara untuk dosen dan tenaga kependidikan perguruan tinggi negeri (PTN) baru yang mengikuti seleksi ada sebanyak 2.961 peserta, dimana sekitar 2.877 di antaranya lolos passing grade . Terakhir untuk penyuluh pertanian yang mengikuti seleksi sekitar 11.941 peserta, dimana sebanyak 11.670 di antaranya lolos passing grade.

Baca Juga  Gubernur Bank Indonesia: Ini Empat Penyebab Rupiah Menguat

“Dari total jumlah daerah yang membuka seleksi yakni 370 pemda, maka hanya 318 yang menyatakan kesanggupan anggaran. Sisanya 52 pemda belum mengonfirmasi kesanggupan anggaran. Jadi, untuk verifikasi kita fokus 318 daerah. Sedangkan yang 52 daerah kita tinggalkan dulu,” kata Kepala Biro (Karo) Humas BKN Mohammad Ridwan saat dihubungi di Jakarta kemarin seperti dikutip dari okezone com.

Sebanyak 52 daerah itu belum menyatakan kesanggupan anggaran untuk PPPK sampai batas waktu yang ditentukan, yakni tanggal 12 Maret lalu. Dia mengatakan, sebagian besar daerah akan meloloskan semua peserta yang memenuhi passing grade. Akan tetapi, diakui ada sedikit daerah yang hanya akan mengambil nilai tertinggi sebab daerah-daerah tersebut belum dapat membiayai semua peserta yang lolos passing grade.

Baca Juga  UBS Prediksi PDB Rill Indonesia Tumbuh 5 Persen Tahun Ini

“Sebagian besar menyampaikan yang diterima sesuai jumlah kelulusan passing grade. Sebagian kecil menyampaikan kurang dari itu. Misalnya ada yang lolos 100, tapi anggarannya hanya mampu 75. Bisa jadi yang lolos passing grade tidak masuk. Itu sebagian kecil saja,” jelasnya seperti dikutip dari okezone com.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan bahwa proses verifikasi dan juga validasi hasil seleksi PPPK tidak jauh berbeda dengan seleksi calon pegawai negeri sipil atau yang disingkat dengan CPNS. Ada empat level verifikasi untuk nanti mendapatkan digital signature dari kepala BKN. 

Baca Juga  Pertumbuhan PMA Belum Sesuai Harapan, Ini Janji Sri Mulyani Terkait Investasi di 2019
“Setelah mendapatkan digital signature akan dikembalikan ke instansi untuk segera diumumkan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama selesai sehingga daerah dapat mengumumkan hasil seleksi PPPK. Itu nanti bisa dilihat di situ SSCASN,” ucapnya seperti dikutip dari okezone com.
“Pokoknya secepatnya. Tim sedang bekerja keras. Selain verifikasi dan validasi, juga dilakukan perankingan untuk daerah yang anggarannya hanya mampu dalam jumlah tertentu,” tuturnya seperti dikutip dari okezone com.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here