Usaha Paling Laris di Kampung

Advertisement

Usaha Paling Laris di Kampung

Kamis, 07 Februari 2019
KabarUang.com, PELUANG USAHA - Saat ini banyak orang kampung mulai mencari usaha paling laris di kampung agar dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka. Karena semuanya serba mahal, selain itu pembangunan di area pedesaan juga kurang.

Maka penting sekali untuk meningkatkan kualitas lapangan kerja dan sumber daya manusia di kampung agar tingkat pengangguran dan kriminalitas bisa ditekan.

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan


Ilustrasi Usaha Laris di Kampung via agrowindo.com

Meskipun beberapa orang berpikir usaha yang paling menjanjikan hanya ada di kota, namun sebenarnya itu tidak selalu benar. Masih ada banyak berbagai macam usaha di kampung yang bisa dicoba asalkan Anda mau berusaha. Dengan membuka usaha paling laris di kampung, ini bisa membuat Anda makin berkembang dan maju, hingga akhirnya Anda bisa meningkatkan taraf hidup seperti orang yang ada di kota. Ini contohnya!

  1. Usaha bimbingan belajar merupakan salah satu usaha paling cocok untuk pemula yang ingin membuka usaha di kampung. Karena usaha bimbel ini tidak membutuhkan modal. Anda hanya perlu mengembangkan pengetahuan Anda dari apa yang sudah Anda dapat dari sekolah untuk diajarkan kembali ke dalam bimbingan belajar. Dengan cara inilah Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha paling laris di kampung.

  2. Di kampung yang paling cocok adalah membuka usaha pengepul hasil pertanian dan hasil ternak. Karena umumnya banyak peternak dan petani di desa bermasalah dengan proses penjualan. Karena kekurangan fasilitas transportasi dan sejenisnya, hal ini membuat para petani dan peternak kesulitan untuk menjual produknya. Maka dari itulah, cobalah untuk membuka usaha ini untuk mempertemukan pedagang dengan petani untuk mendapat laba dari selisih harganya.

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Di Desa


Ilustrasi Bisnis Pengepul Hasil Perkebunan

Untuk ibu rumah tangga yang tinggal di desa kini tak perlu takut untuk membuka usaha. karena hanya bermodalkan 1 juta rupiah saja, Anda sudah bisa membuka usaha paling laris di kampung dengan resiko yang minim sekali. Dijamin, usaha bermodalkan 1 juta rupiah ini tidak akan beresiko untuk Anda, selain itu waktunya juga sangat fleksibel, sehingga hal ini membuat Anda makin mudah untuk berekspresi.

Salah satu keuntungan dengan membuka usaha paling laris di kampung adalah, Anda bisa melakukannya sendiri. Sehingga, resiko kerugian yang ditimbulkan kecil. Bagaimanapun juga, menjalankan usaha sendiri bisa meminimalisir pengeluaran karena Anda tak harus membayar orang lain. Sehingga, peningkatan pendapatan lebih terasa. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk membeli alat dan perlengkapan. Sehingga saat usaha ternyata gagal, Anda bisa menggunakan peralatan itu di kemudian hari.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa


  1. Menjual gorengan adalah salah satu peluang usaha paling laris di kampung. Mengingat orang kampung umumnya suka makan di warung. Sehingga, hal ini cocok sekali untuk para ibu yang hobby memasak dengan cara menjual gorengan di warung. Usaha ini tidak akan mengganggu kegiatan Anda, karena waktunya sangat fleksibel dan prosesnya juga mudah. Saat dagangan habis, gorengan bisa langsung digoreng di tempat agar tidak kehilangan pembeli.

  2. Satu lagi peluang usaha paling laris di kampung adalah dengan membuka usaha catering. Bisnis ini hanya membutuhkan keahlian dalam meracik hidangan yang lezat. Anda tak perlu membuka kios. Cukup modal spanduk saja yang besar atau foto kopian saja, Anda sudah bisa membuka usaha ini secara langsung di rumah. Sehingga, kegiatan Anda sebagai ibu rumah tangga tidak akan terganggu dengan membuka usaha catering ini.

Di bawah ini adalah contoh peran pemerintah mendorong majunya usaha dipedesaan serta menjamin pemerataan pembangunan di desa dan di kota:

Usaha Pemerataan Pembangunan di Desa dan Kota


  1. Salah satu usaha untuk pemerataan pembangunan adalah pada bagian infrastrukturnya. Dengan pembangunan infrastruktur yang baik, hal ini membuat akses untuk menuju ke satu daerah ke daerah yang lain makin mudah dan cepat. Maka dari itulah, kini pemerintah mulai meningkatkan anggaran yang dibutuhkan demi meningkatkan pembangunan infrastruktur di desa dan kota agar kegiatan ekonomi makin mudah.

  2. Usaha pemerataan yang lainnya terlihat dari kemudahan birokrasi dan perizinan. Sehingga, hal ini bisa menarik minat para investor agar berdatangan dan mau menanam modal di Indonesia agar sama-sama untung dan membantu proses pembangunan lebih cepat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan. Karena saat perizinan rumit dan panjang, otomatis investor menjadi enggan menanam modal. Maka dari itulah, kini birokrasi dibuat lebih mudah.

Dari sisi legalitas, diberikan kemudahan perizinan bagi pelaku usah dipedesaan. Jika ingin membangun usaha di kampung dengan skala yang lebih besar, pelaku usaha dapat mengajukan pendirian usaha dengan terlebih dahulu menyiapkan surat pengantar atau keterangan dari kepala dusun/desa setempat.

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kepala Desa


Setelah menemukan usaha yang cocok untuk Anda, maka saatnya Anda untuk mempersiapkan surat keterangan usaha agar usaha Anda tidak ada masalah di kemudian hari. Surat ini nanti akan dikeluarkan oleh Kepala Desa dengan rincian harus ada kop surat dan nomor surat. Selain itu, didalamnya juga harus ada identitas Anda lengkap dengan tanggal dikeluarkan SKU untuk membuktikan bahwa SKU usaha paling laris di kampung Anda valid.

Berikut contoh draft surat keterangan usaha dari kepala dusun atau desa:

Ilustrasi contoh surat keterangan usaha via Contohsuratmu.com