Tahun 2018 Penyaluran Kredit Perusahaan Fintech P2P Capai Rp 22 Triliun

0
Ilustrasi Data Kredit Fintech dari AFPI via onosembunglango net

KabarUang.com, Jakarta – Tercatat di tahun 2018 sekitar Rp 22 triliun dana kredit telah disalurkan oleh perusahaan finacial technology (Fintech) peer-to-peer (P2P).

Sunu Widyatmoko, Wakil Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI), mengatakan bahwa data tahun lalu terdapat 9 juta transaksi melalui perusahaan-perusahaan fintech. Data ini diambil dari transaksi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI) sepanjang tahun 2018.

Baca Juga  Usulan Soal Kenaikan Gaji Guru dari Prabowo-Sandi, Ini kata Sekjen FSGI

“Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat saat ini sudah ada 99 perusahaan fintech pendanaan yang terdaftar, dan telah melakukan layanan lebih dari 9 juta transaksi pada lebih dari 3 juta masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya saat jumpa pers di Centennial Tower, Jakarta, pada Senin (4/2).

Jika dibandingkan dengan data dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2017, terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Dimana sesuai data OJK, tercata Rp 2,56 triliun dana kredit tersalurkan melalui fintech P2P lending di tahun 2017.

Baca Juga  Pabrik Pupuk Senilai Rp 1 Triliun Akan Dibangun di Aceh

Tren kenaikan ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat masih cukup tinggi terhadap layanan fintech ini. Dari data yang ada, segmen peminjam yang dilayani oleh perusahaan-perusahaan fintech ini adalah mereka yang terkendala peminjaman secara formal, misalnya melalui perbankan.

Kelompok petani, karyawan, pengrajin, nelayan serta UMKM adalah mayoritas pengguna layanan fintech ini. Rata-rata peminjam melakukan peminjaman dua hingga tiga kali dalam satu tahun.

Baca Juga  Crown Tengah Membidik Investasi Properti Senilai Triliunan Rupiah di 3 Negara

“Pengulangan ini bukti selain jumlah signifikan ada loyalitas, trust antara peminjam dan pemberi pinjaman melalui platform pinjaman online untuk tumbuh kembangkan industri di Indonesia,” imbuhnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here