Surabaya Banyak Luncurkan Apartemen Baru

0
Ilustrasi via Twitter com

KabarUang.com, Jakarta – Kabarnya tahun ini dirediksi bahwa Surabaya akan banyak luncurkan apartemen baru. Namun, meski demikian, jumlah apartemen yang ada lebih tinggi dibandingkan jumlah permintaan. Hal ini dikarenakan banyak investor masih menunggu pemilihan umum selesai.
Jumlah apartemen di Surabaya pada tahun 2018 diduga tumbuh sekitar 7,5 persen dibandingkan dengan 2017. Data ini disampaikan oleh seorang Assistant Manager Coldwell Banker Angra Angraeni.

“Dibanding tahun 2017, pasokan mengalami pertumbuhan kurang lebih 7,5 persen yang berasal dari apartemen segmen menengah dan menengah atas, dengan kisaran harga Rp 14,5 juta sampai Rp 25 juta per meter persegi,”jelasnya dilansir dari bisnis.com pada Senin (4/2).

Baca Juga  Freeport Indonesia dan Amman Kantongi Rekomendasi Ekspor

Apartemen yang baru dibangun itu tersebar di beberapa wilayah Surabaya yaitu wilayah Surabaya Barat, Surabaya Selatan, Surabaya, Surabaya bagian Utara. Diperkirakan kenaikan harga jualnya berkisar antara 1,5 % hingga 3% sedangkan untuk proyek tertentu bisa mencapai lebih dari 4%.

Beliau mengatakan penegmban seharusnya memperhatikan pasar dengan seksama. Hal ini dikarenakan tahun politik akan mempengaruhi jumlah permintaan dalam investasi properti, khusunya di apartemen.

“Akan ada masanya investor maupun developer menunggu selesainya Pemilu, sehingga penambahan pasokan akan cenderung lebih sedikt dibandingkan dengan tahun 2018 yang lalu,”ujarnya.

Baca Juga  Bagasi Berbayar, Jumlah Penumpang Pesawat Turun hingga 16,07%

Assistant Manager Coldwell Banker itu sendiri mengatakan tahun ini penambahannya sebesar 6,5% dengan catatan apabila proyek apartemen yang sedang dibangun selesai pada tahun ini dan selesai sesuai jadwal. Dengan ini, pertumbuhan peminatan bisa tumbuh sebanyak 5%.

“Penambahan pasokan masih akan lebih tinggi dibandingkan dengan penyerapannya, hal tersebut mengingat bahwa beberapa proyek sudah melakukan NUP (Nomor Urut Pemesanan) dari tahun sebelumnya dan penyumbang berkomitmen untuk melakukan launching proyeknya,”jelasnya.

Lokasi yang diperkirakan bagus ialah apartemen yang berada di Surabaya Barat, disusul oleh Surabaya Selatan lalu Surabaya Timur.

Baca Juga  Harga Tiket Pesawat Sama Seperti 2018 Kata Menhub

“Secara rata-rata dimungkinkan akan sedikit bergerak positif di kisaran 2,5% yang dikontribusi oleh proyek apartemen yang performanya bagu, lokasinya bagus, dan dikembangkan oleh developer ternama dengan kisaran rata-rata harga jual di Rp 21,4 juta per meter persegi,”tambahnya.

Target marketing di Surabaya sendri diperkirakan hingga Rp 2,5 miliyar menurut Archied. Sedangkan sebesar Rp 600 miliarnya ditargetkan dari proyek baru di Jakarta maupun Surabaya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here