Sekarang Mengurus Sertifikat Tanah Bisa Pakai Sistem Digital

0
Ilustrasi Jokowi via setkab go id
KabarUang.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau panggilan sapaannya Jokowi telah mengingatkan, bahwa dirinya juga sudah meminta pada tiga tahun yang lalu agar pelayanan di bidang pertanahan segera ditransformasikan atau diubah ke dalam sistem pelayanan yang berbasis digital teknologi. 
“Layanan pertanahan harus bisa diakses oleh masyarakat dari mana saja, sehingga kantor-kantor Pertanahan harusnya tidak lagi padat orang ngantri, penuh orang ngantri,” tegas Presiden Jokowi seperti dilansir laman setkab, Jakarta, Kamis (7/2/2019) seperti dikutip dari okezone com
Dengan diubahnya sistem yang menjadi mudah ini juga diharapkan akan mampu meningkatkan peringkat kemudahan berusaha di seluruh pelosok Indonesia atau yang disebut dengan Ease of Doing Business, yang harus menjadi peringkat yang lebih baik lagi karena urusan sertifikat itu juga sudah menjadi salah satu penilaian penting.
Presiden Jokowi juga menegaskan lagi bahkan telah meminta agar di tahun ini bisa dimulai sistem pelayanan berbasis digital dan diterapkan di Kementerian ATR/BPN dan juga bisa beroperasional sebagaimana mestinya. 
“Saya minta agar Kementerian ATR/ BPN mulai mentransformasikan seluruh bisnis proses secara digital. Semua berkas, semua dokumen harus ditransformasikan dalam format digital,” pinta Presiden seperti dikutip dari okezone com
Presiden juga menilai, ini bukanlah persoalan yang sulit. Untuk membangun sistem, membangun platform seperti ini juga bukan hal yang bisa dibilang mahal, dan juga bukan sesuatu yang rumit. Sehingga pada seluruh proses pelayanan akan dapat dilakukan secara elektronik, secara online, dan juga real time, akurat, aman, dan pastinya harus memudahkan masyarakat ataupun yang berkaitan dengan investasi. 
Presiden Jokowi juga meminta sekali lagi agar sistem manajemen SDM di Kementerian ATR/BPN perlu dibangun lagi dengan baik, ditingkatkan lagi mulai dari tahap rekruitmen, tahap upgrading pola karir, sistem penilaian yang berbasis kinerja, berbasis kompetensi, dan juga pemberian reward and punishment. 
“Saya kira sangat penting bagi kita sekarang ini,” tegas Presiden Jokowi seperti dikutip dari okezone com
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Ekspor Motor Honda Naik 175 Persen pada Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here