Sekarang Bisa Kredit Rumah DP 1 Persen

0
Ilustrasi Perumahan via citragran
KabarUang.com, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tengah meluncurkan suatu produk baru yaitu Pembiayaan Properti BTN. Layanan yang disebut dengan Kredit Perumahan Rakyat Hits ini diracik secara khusus bagi para kaum milenial yang ingin melakukan resolusi dan juga ingin memiliki rumah. 
Iman Nugroho Soeko selaku Direktur Bank BTN, mengatakan bahwa usai dirinya meluncurkan KPR Hits di Jakarta, ia menjelaskan ternyata produk ini merupakan jenis KPR non subsidi. KPR ini juga memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan produk pembiayaan perumahan milik BTN Syariah yang sebelumnya, yaitu menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah. 
Akad Musyarakah Mutanaqisah atau yang disingkat dengan MMQ ini sendiri merupakan fitur baru produk KPR dari BTN Syariah. Yang selama ini menggunakan akad Murabahah atau jual beli dan juga menggunakan Istishna’ atau jual beli pesanan.
“Akad tersebut disesuaikan dengan pangsa pasar yang kami bidik,yaitu para milenial yang menginginkan tenor cicilan yang panjang, yaitu hingga 30 tahun namun dengan uang muka yang terjangkau dan ujroh atau uang sewa yang ringan,” kata Iman dikutip dari keterangan resminya Jumat 15 Februari 2019 seperti dikutip dari viva co id
Akad Musyarakah Mutanaqisah merupakan gabungan atau hybrid atau dari 2 akad yaitu akad Musyarakah dan juga Ba’i. Yang artinya bahwa pembelian rumah atau apartemen yang menjadi agunan KPR merupakan aset bersama antara Bank dan juga dengan nasabah dalam porsi kepemilikan yang telah disepakati pada saat awal akad.

Baca Juga  Tarif Tol Trans Jawa Diminta Jokowi Untuk Jadi Murah

Bank dan juga Nasabah sepakat bahwa agunan KPR tersebut disewakan kepada nasabah sehingga memiliki kewajiban untuk membayar angsuran sewa setiap bulannya. Pembayaran angsuran sewa yang dilakukan nasabah secara otomatis akan menambah porsi kepemilikan nasabah dan mengurangi porsi kepemilikan dari pihak bank, sehingga pada saat pembiayaan lunas maka secara otomatis porsi kepemilikan rumah atau bisa juga apartemen itu akan beralih sepenuhnya ke pihak nasabah.

Baca Juga  Menteri Rini Katakan BUMN Tak Bisa Seenaknya Mengenai Jalan Tol

Selain akad yang digunakan, BTN Syariah juga menawarkan ada sejumlah keringanan yang lain bagi nasabah KPR Hits. Di antaranya yaitu seperti uang muka ringan yang dimulai 1 persen, angsuran yang terjangkau dengan dua pilihan skema. 

Sementara itu target juga pada pembiayaan ditahun 2019 diproyeksi bisa mencapai Rp25 triliun atau dapat tumbuh di atas angka 14 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya tahun 2018 yang telah mencapai sekitar Rp22 triliun. Menginjak usia ke 14, BTN Syariah pun telah  merealisasikan bahwa ada pembiayaan sebesar  Rp26 triliun dan juga telah membukukan aset senilai Rp28,5 triliun.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here