PT Holcim Indonesia Diambil Alih Semen Indonesia

Advertisement

PT Holcim Indonesia Diambil Alih Semen Indonesia

Sabtu, 02 Februari 2019
Ilustrasi Semen Indonesia via hariansinggalang co id
KabarUang.com, Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk telah mengumumkan suatu pernyataan tepat pada tanggal 31 Januari 2019, bahwa telah dilaksanakan closing pengambilalihan dari saham Holderfin B.V. yang ditempatkan dan disetor di PT Holcim Indonesia Tbk.

Pengambilalihan itu juga dilakukan oleh anak usaha Perseroan, yaitu oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan atau SIIB. Dan hal ini juga menyebabkan perubahan aturan atau kebijakan yang ada di PT Holcim Indonesia Tbk.
 
Ada pula suatu surat pengumuman dan didalamnya itu tercatat bahwa dari total jumlah saham yang dibeli adalah sebanyak 6.179.612.820 lembar saham, dengan harga per saham yiatu sebesar Rp2.097.

Jadi, total harga pembelian dari seluruh saham tersebut berada di angka Rp12.958.648.083.540, untuk total kepemilikan saham yaitu sebesar 80,64 persen dengan catatan penting pada tanggal pengambilalihan yaitu tanggal 31 Januari 2019.

Perseroan juga menjelaskan bahwa tujuan dari pengambilalihan saham-saham Holderfin B.V. oleh SIIB ini adalah untuk memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri ini, memperluas disini diversifikasi yang artinya yaitu jenis produk yang ditawarkan, dan juga demi meningkatkan efisiensi khususnya biaya distribusi dan juga perihal bahan baku.
Selain itu juga korporasi ini bertujuan untuk memperkuat posisi bisnis atau yang disebut dengan ready mix dengan banyak variasi produk dan juga solusinya, serta demi memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi dari segala faktor.

Yang terpenting yaitu catatan tambahan, yang dimana dinyatakan bahwa Perseroan atau SIIB tidak memiliki hubungan afiliasi apapun dengan Holcim Indonesia, maupun dengan Holderfin B.V.