Penerbitan Izin Uang Elektronik Masih Perlu Dikaji

0
Ilustrasi Uang Elektronik via kompasiana com
KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah berencana akan menggabungkan seluruh operator uang elektronik berbasis server milik BUMN dengan sistem TCash milik Telkomsel dalam platform bernama LinkAja. Nantinya, juga akan mengajak Himpunan Bank Milik Negara atau juga Himbara untuk bergabung melalui produk uang elektronik yang akan mereka terbitkan pada masing-masingnya.

Terkait proses Himbara itu sendiri dalam hal perizinan untuk menerbitkan uang elektronik itu, Susiati Dewi selaku Asisten Deputi Direktur Eksekutif Departemen Sistem Pembayaran Bank Indonesia,  mengakui bahwa pihaknya telah menerima surat pengajuan izin tersebut.
Dewi juga sudah menjelaskan, bahwa ada proses pertimbangan dan juga perhitungan BI terkait izin penerbitan uang eleltronik oleh bank-bank pelat merah itu, hingga pada saat ini harus dikaji secara matang, karena menyangkut perubahan sistem keuangan yang cukup sangat siginifikan.

Baca Juga  Alasan Menteri Susi Mengapa Harus Kapal Pencuri Ikan Diledakan

“Misalnya, terkait produk dan bagaimana nantinya kelembagaan itu harus diproses untuk bisa kita berikan license baru,” kata Dewi di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis 21 Februari 2019 seperti dikutip dari viva co id

Nantinya, sebagai penerbit uang elektronik tersebut, bank-bank anggota Himbara juga akan bergabung dalam satu channel uang elektronik.

Dewi juga menilai, hal ini juga merupakan langkah positif yang sangat tepat dan juga diharapkan akan membawa dampak baik dan bisa bermanfaat, bagi perkembangan industri keuangan nasional untuk ke depannya.

Baca Juga  Menlu Korsel Akan Negosiasi Percepatan Kerja Sama Dangang Dengan Indonesia

“Jadi, nanti teman-teman BUMN bersama Himbara, yang sama-sama penerbit uang elektronik, kalau tidak salah mereka akan bikin satu channel sebagai satu uang elektronik,” kata Dewi seperti dikutip dari viva co id

“Sampai saat ini, proses (penerbitan izin uang elektronik) itu sedang dilakukan, di mana mereka memang telah mengajukan ke BI untuk perizinannya tersebut,” ujarnya seperti dikutip dari viva co id

Baca Juga  Penerapan Industri 4.0 Kurangi Perilaku Korupsi
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here