Pemerintah Targetkan Akan Mengekspor Kendaraan

0
Ilustrasi Kendaraan via indobrita co
KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah segera menetapkan simplifikasi ekspor untuk kendaraan bermotor dalam bentuk jadi atau completly build up atau yang disingkat dengan CBU. Pemerintah memperkirakan, nantinya ekspor kendaraan bermotor dapat melejit capai 70 persen dari yang sebelumnya hanya sebesar 64 persen saja.

Aturan simplifikasi itu juga sudah jelas tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai tentang Tata Laksana Ekspor Kendaraan Bermotor dalam Bentuk Jadi, yang ditetapkan pada tanggal 11 Februari 2019.

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan menegaskan, untuk kemudahan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam proses simplifikasi itu ialah ekspor kendaraan bermotor CBU yang dapat masuk ke Kawasan Pabean tempat pemuatan, sebelumnya pengajuan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang atau yang diisingkat dengan PEB.
Selain itu juga, masuknya kendaraan yang akan diekspor ke Kawasan Pabean ini juga tidak lagi memerlukan Nota Pelayanan Ekspor atau NPE. Dan lagi pembetulan jumlah dan juga jenis barang paling lambat yaitu tiga hari sejak tanggal keberangkatan kapal sudah terjadwal.
“Tadi mereka (para pelaku ekspor) menunjukkan average jumlah biaya yang bisa dihemat mencapai Rp191 miliar dengan data ekspor 2018,” katanya saat peresmian aturan itu di kantor PT Indonesia Kendaraan Terminal, Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019 seperti dikutip dari viva co id
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Berita Ekonomi Keuangan Hari Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here