Pemerintah Ingin Bagian dari Pelelangan SUN

0
Ilustrasi Tumpukan Uang via sooperboy com
KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah akan segera melelang Surat Utang Negara atau di singkat dengan SUN. Melelang SUN dalam mata uang Rupiah dilakukan untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam data APBN tahun 2019.
Peserta lelang merupakan dealer utama yakni terdiri dari Citibank N.A., kemudian Deutsche Bank AG, ada juga PT Bank HSBC Indonesia, kemudian PT Bank Central Asia, Tbk., lalu PT Bank Danamon Indonesia, Tbk., lalu PT Bank Maybank Indonesia, Tbk., lalu PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., lalu PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank OCBC NISP, Tbk., dan juga PT Bank Panin, Tbk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Peserta lelang SUN juga ada terdapat Lembaga Penjamin Simpanan dan Bank Indonesia. 
Penjualan SUN tersebut akan segera dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Lelang bersifat terbuka atau dengan kata lain open auction dan juga menggunakan metode harga beragam atau dengan kata lain multiple price. 
Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif atau competitive bids akan segera membayar sesuai dengan yield yang diajukan nya. Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif atau non-competitive bids akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang atau dengan kata sebutan lain weighted average yield dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang. 
Pemerintah juga ternyata memiliki hak untuk menjual ketujuh seri SUN lebih besar atau lebih kecil dari jumlah indikatif yang telah ditentukan. SUN yang akan dilelang mempunyai nominal per unit sebesar Rp1.000.000,00 atau satu juta Rupiah. 
Memang pada prinsipnya, semua pihak, baik investor individu ataupun institusi, dapat menyampaikan bahwa penawaran pembelian atau bids dalam lelang. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, penyampaian penawaran pembelian harus melalui Peserta Lelang sebagaimana diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 43/PMK.08/2013 tentang Lelang Surat Utang Negara dalam mata Uang Rupiah dan valuta asing di pasar perdana domestik, sebagaimana pula telah beberapa kali diubah terakhir itu dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 4/PMK.08/2017.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Harga Emas Jatuh Tersandung Penguatan Dolar AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here