Pembangunan Capai 58,3%, LRT Akan Uji Coba Pertengahan 2019

Advertisement

Pembangunan Capai 58,3%, LRT Akan Uji Coba Pertengahan 2019

Sabtu, 16 Februari 2019
Ilustrasi Progres Proyek LRT tahap 1 Jabodebek via lrtcity info

KabarUang.com, Jakarta - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mengumumkan progres tahap I pembangunan light rail transit (LRT), rute Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek). Hingga saat ini progres proyek sudah mencapai 58,3 persen. Adhi Karya optimis LRT dapat segera di uji coba pada pertengahan tahun ini.

Pundjung Setya Brata, Direktur Operasional Adhi Karya mengungkapkan bahwa lintas pelayanan Cawang-Cibubur merupakan rute proyek dengan progres yang signifikan. Progres proyek di lintas ini per 8 februari 2019 sudah mencapai 78,5 persen. Hal ini menurut Pundjung dikarenakan tidak terhambat masalah pembebasan lahan proyek.

Progres untuk pelayanan Cawang-Bekasi Timur progres pengerjaannya sudah mencapai 52,8 persen. Pelayanan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas progresnya 46,1 persen.

“Dua lintas tersebut masih terhambat oleh pembebasan lahan, terutama di Bekasi Timur yang akan menjadi lokasi depo LRT Jabodebek seluas 12 hektare,” kata Pundjung, seperti dikutip dari kontan.co.id, di Jakarta, Jumat (15/2).

Biaya proyek LRT tahap I (Jabodebek) mencapai Rp 22,8 triliun, terdiri dari tiga lintas pelayanan. Direncanakan secara utuh tahap I lintas pelayanan LRT Jabodebek pada tahun 2021 akan beroperasi. Selain itu disekitar stasiun juga ada perencanaan pembangunan hunian Transit Oriented Development (TOD).