Pasca Perjanjian MLA, LPS Kejar Aset Eks Bank Century ke Swiss

0

Ilustrasi LPS Kejar Aset Bank Century ke SWISS

KabarUang.com, jakarta – Penandatangan perjanjian Mutual Legal Assistance (MLA) antara Indonesia dan Konfederasi Swiss di Bernerhof Bern, Swiss pada Senin (4/2) lalu membawa angin segar bagi upaya pengejaran aset-aset negara yang berada di Swiss.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bertindak cepat berdasarkan perjanjian Mutual Legal Assistance (MLA) tersebut untuk mengejar aset eks bank Century yang dikabarkan berada di Swiss. Aset eks bank Century yang dilarikan ke Swiss dan Hongkong mencapai Rp 2 triliun.

Baca Juga  Simak Trik Kemenperin dalam Mengangkat Daya Saing RI di Era 4.0

Robertus Bilitea, Direktur Eksekutif Hukum LPS mengungkapkan bahwa pelacakan aset eks bank Century ini telah lama dilakukan. Dengan adanya perjanjian MLA ini diharapkan akan mempermudah LPS untuk merebut kembali aset tersebut.

“Kami akan lihat apakah MLA ini masih perlu diratifikasi oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) atau sudah dapat dioperasikan,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (10/2).

LPS bselanjutnya akan mengajukan permohonan ke Kemenkumham untuk melakukan pelacakan dan penyitaan aset  menggunakan perjanjian MLA tersebut. Di Honkong sudah dilakukan hal serupa dan Kemenkumham bertindak sebagai central authority.

Baca Juga  BBM dan LPG Dijamin Aman Oleh Pertamina Pasca Tsunami Lampung

Saat ini proses pengadilannya masih berlangsung di Hong Kong,” ujarnya. Per 2015 lalu tercatat 156 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,1 trilun aset eks bank Century yang berada di Swiss dan 5,6 juta dollar AS atau Rp 78,4 miliar berada di Hongkong.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here