Pabrik Pupuk Senilai Rp 1 Triliun Akan Dibangun di Aceh

0
Ilustrasi Pupuk Iskandar Muda Bangun Pabrik Pupuk via pupuk-indonesia co.id

KabarUang.com, Lhokseumawe – PT Pupuk Iskandar Muda akan membangun pabrik pupuk Nitrogen Posphat Kalium (NPK) di Aceh Utara, Aceh. Pembangunan pabrik pupuk tersebut akan menelan biaya sebesar Rp 1 triliun.

“Groundbreakingnya insyaAllah akhir bulan Februari atau awal Maret. Tendernya sudah dimenangkan oleh salah satu perusahaan BUMN. PIM akan mengucurkan investasi Rp 1 triliun untuk pembangunan pabrik NPK ini,” kata Usni Syafrizal, Direktur SDM dan Umum PT PIM, kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Baca Juga  Menteri Rini Katakan BUMN Tak Bisa Seenaknya Mengenai Jalan Tol

Prospek serta pertumbuhan tingkat kebutuhan NPK yang cukup tinggi kedepannya menjadi salah satu pertimbangan manajemen PIM investasi pada pembangunan pabrik ini.

Bahan baku dari pupuk NK ini bukan dari gas. Bahan bakunya adalah unsur mineral kalsium dan rock phosphate yaitu pupuk mineral phosphate (P) anorganik yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan bagian akar dan pengakaran yang baik. Berbeda dengan pupuk Urea yang berbahan baku gas.

Baca Juga  Beredar Pernyataan Bahwa Sekarang Dolar Capai Angka Rp13.978

Lama waktu proyek pembangunan pabrik ini menurut Usni yaitu 28 bulan, diatas skitar 1 hektar lahan dengan perkiraan operasi mulai awal pertengahan tahun 2021 mendatang.

“Kita berharap pembangunan pabrik pupuk NPK yang direncanakan PT PIM dapat berjalan lancar, karena secara perekonomian daerah sangat berdampak positif untuk ke depan. Termasuk, bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Aceh,” jelas Usni.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here