Moeldoko Pastikan Jokowi Sudah Sangat Paham Semua Isu Debat Capres

0
Ilustrasi Materi Debat Pilpres Ke Dua via kaskus co.id

KabarUang.com
, Jakarta –  Debat kedua pilpres 2019 antara calon presiden (capres petahana Joko Widodo (Jokowi dengan Prabowo Subianto digelar pada Minggu (17/2/2019) malam ini. Kedua kandidat capres akan membahas tema energi, sumber daya alam, lingkungan hidup, pangan dan infrastruktur.
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko menyampaikan bahwa Jokowi sudah siap dan sangat menguasai isu untuk debat hari ini. Bahkan untuk persoalan isu pangan sendiri, dirinya meyakini Jokowi juga sudah mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang diprediksi akan mengarah seputar swasembada pangan.
“Ya sudah kita berikan ganbaran dari situasi pangan ini beliau (Jokowi) sudah sangat paham lah,” kata Moeldoko saat ditemui di Kantor HKTI, Jakarta, Minggu (17/2/2019).
Terkait dengan isu pangan, menurut Moeldoko ada tiga yang akan ditekankan dalam debat nanti. Yakni ketahanan pangan, swasembada pangan dan kedaulatan pangan. Ketahanan pangan menyoal ketersediaan barang. Swasembada pangan artinya dihasilkan sendiri, sementara kedaulatan pangan artinya sudah bisa menghidupi negara tetangga atau bisa mengekspor.
“Kita menuju pada swasembada pangan, sesungguhnya sekarang itu hasil kita itu ada surplus di beras, surplusnya itu 2,9 juta ton dalam satu tahun, nah persoalannya atau pertanyaannya barang itu ada di mana? Barang itu tersebar di berbagai warung, Indomart, di pasar pasar, di gudang gudang di kampung, sehingga kalau itu tersebar maka gudang nasional kita menjadi kosong,” jelas Moeldoko.
Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso menyebut capres Prabowo Subianto sudah sangat siap menghadapi debat capres kedua pada. Djoko mengatakan, kompetensi akademis Prabowo tak diragukan.
“Bagi Pak Prabowo itu biasa debat, dia kan pendidikannya di luar ya. Tetapi kita sudah siapkan apakah itu materi, langkah-langkahnya, tempat-tempatnya, kita sudah siapkan. Saya kira sudah sesuai. Insyallah lancar,” kata Djoko di Jl Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).
Djoko menambahkan, persiapan materi debat juga sudah matang. Sebab, Prabowo membahas masalah Energi, Infrastruktur, Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup bersama para pakar terkait.
“Ada para ahli yang memberikan pemikiran-pemikiran. Dan Prabowo sendiri sudah punya pemikiran tentang ketahanan pangan itu visinya, energi, semuanya udah lah,” kata Djoko.
Djoko memastikan, mantan Danjen Kopassus itu tak akan menyerang capres petahana Joko Widodo dalam debat besok. Djoko ingin debat besok kedua capres bisa menyampaikan pemikiran yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni Subsidi Sebanyak Rp1,9 T untuk Tol Laut Dan Angkutan Ternak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here