Menko Darmin Siap Atur Kebijakan SIUP dan TDP Perbankan

0
Ilustrasi Menko Darmin via nawacita co
KabarUang.com, Jakarta – Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian  tengah menggelar rapat koordinasi dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yaitu Wimboh Santoso. Hal ini diadakan dalam rangka membahas persyaratan perbankan terkait Tanda Daftar Perusahaan atau TDP dan juga Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP.

Darmin juga mengatakan, dalam sistem perizinan Online Single Submission atau OSS yang telah dijalankan pemerintah, SIUP dan juga TDP sudah tidak ada. Ketentuan ini juga tertuju pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Baca Juga  Pentingnya Tingkatkan Cyber Security Kata BEI

“Simple saja itu dengan OJK, kan kita sudah punya OSS. Kemudian kita sudah mengubah bahwa sekarang tidak ada SIUP, TDP, nah aturan OJK itu masih. Jadi supaya disinkronkan saja,” ujar Darmin di kantornya, Jakarta Selasa malam 19 Februari 2019 seperti dikutip dari viva co id

Ia juga menjelaskan sekali lagi bahwa ia dan pihaknya akan segera melakukan sinkronisasi kebijakan OSS, kemudahan dalam berusaha atau juga dapat disebut ease of doing business atau EoDB dan juga pada aturan OJK itu akan selesai dalam waktu dekat ini. Sinkronisasi ini menyusul laporan pengusaha bahwa masih ada TDP dalam persyaratan perbankan.

Baca Juga  Sri Mulyani Dapatkan Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik Versi Majalah Global Markets

“Karena sekarang di bank bilang masih ada urusan TDP kan pusing kita, orang kita sudah tidak ada TDP. Itu kita tahu karena para pengusaha bilang masih ada yang minta TDP,” ujar mantan Gubernur Bank Indonesia itu seperti dikutip dari viva co id

Darmin juga mengakui bahwa TDP masih menjadi salah satu syarat untuk pengajuan kredit. Untuk itulah, perlu sekali dilakukan sinkronisasi kebijakan.

“Sehingga ini hanya sinkronkan saja, artinya buat OJK nanti tidak ada masalah, tidak lama, hanya dia belum pernah sinkronkan,” katanya seperti dikutip dari viva co id

Baca Juga  #BeKraf Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) Indonesia

OJK sendiri mengaku berjanji akan menyelesaikan kasus atau tindakan dalam mengsinkronisasikan kebijakan itu dalam waktu yang sangat cepat dan akan segera selesai dalam waktu dekat ini.

“Mereka bilang cepat sekali katanya, seminggu juga selesai, katanya,” ujar Darmin seperti dikutip dari viva co id
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here