Menjaga Net Interest Margin (NIM) Tahun 2019, Sejumlah Bank Siapkan Strategi

0
Ilustrasi BTN Sipakan Strategi Hadapi Penurunan Net Interest Margin (NIM)

KabarUang.com, Jakarta – Menurunnya net interest margin (NIM) menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh industri perbankan di tahun 2019. Meskipun disisi lain pihak Bank Indonesia sudah menjada dan menahan suku bunga acuan.

Melihat hal ini, sejumlah bank di Indonesia telah mulai menyiapkan strategi mereka untuk menghadapi kondisi NIM yang kian menurun.

Mahelan Prabantarikso, Direktur Resiko, Strategi dan Kepatuhan BTN, menyampaikan bahwa kondisi ini menurut dia terjadi sebagai dampak dari kenaikan suku bunga yang masih dilanjutkan oleh sejumlah Bank.

Baca Juga  Kemenkeu Sri Mulyani Ajukan PK Pengelolaan Air Jakarta

PT Bank Tabungan Negera Tbk (BTN) memprediksi NIM perbankan akan terus mengalami penurunan. Menurut Mahelan, meskipun NIM perbankan masih berpotensi turun, secara industri perbankan NIM masih akan terjaga dikisaran 5 persen.

Pihak BTN sendiri akan menjaga kualitas aset, dan memprediksi NIM Bank BTN akan terjaga dia angka 4,5 persen. Potensi untuk tumbuh naik kemungkinan ada jika laju pertumbuhan kredit lebih cepat serta kondisi ekonomi yang stabil di tahun ini.

Baca Juga  Pemerintah Masih Santai Terapkan Pungutan Ekspor Sawit

Taswin Zakaria, Direktur Utama Bank Mayapada Indonesia Tbk, memprediksi adanya penurunan NIM Bank Mayapada melihat kondisi kenaikan suku bunga yang terus berlanjut.

Berdasarkan data dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tercatat bahwa NIM bank umum terus mengalami penurunan.

Di data Statistik Perbankan Indonesia (SPI), OJK merilis angka net interest margin NIM perbankan per Desember 2018 sebesar 5,14 persen. Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan NIM perbankan di tahun sebelumnya (2017) yang berada di angka 5,32 persen.

Baca Juga  Siapa yang Raih Penghargaan di Program Sociopreneurship ‘Secangkir Semangat’?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here