Jelang Pemilu, Kenapa Tak Ada TPS di Lapas?

0
Ilustrasi via Twitter

KabarUang.com, Jakarta – Jelang Pemilu ini pihak Lapas Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat tidak menyediakan tempat pemungutan suara (TPS). Ketidakadanya TPS ini khusus bagi narapidana yang berada di Lembaga Permasyarakatan Batusangkar, Nagari Baringin.

Para narapidana itu diperbolehkan menggunakan hak suarana untuk memilih. Namun TPS nya tidak berada di dalam lapas, melainkan di daerah dekat lapas.

“Para narapidana dan tahanan di lapas itu sudah mempunyai KTP  dan sudah masuk ke dalam DPT. Jadi mereka bisa menggunakan hak pilih di TPS yang dekat dengan lapas,”kata Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi pada Selasa (5/2)  di Batusangkar yang dilansir dari wartaekonomi.com.

Baca Juga  Produsen Miras Eropa Keluhkan Kesulitan Ekspor Ke Indonesia

 Beliau juga menambahkan bahwa nantinya pemilihan yang dilakukan oleh para narapidana itu akan mendapatkan kawalan oleh pihak keamanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan KPU.

Hingga saat ini, pihak lapas terus melakukan persiapan hingga menjelang hari pemilihan yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang agar proses pemilihan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sejak tahun 2017 KPU Tanah Datar terus melakukan upaya penyempurnaan. Hal ini dilakukan dengan mendata pemilih yang masih belum masuk ke dalam DPT dan DPT tambahan.

Baca Juga  Devisa Indonesia Pada Akhir Februari 2019 Sekitar US$123,3 miliar

Menurut catatan, data sementara yang ada saat ini, sebanyak 264.412 merupakan jumlah pemilih dalam DPTHP-2 KPU Tanah Datar 2019. Sedangkan jumlah TPS yang disediakan ialah sebanyak 1.249 unit TPS yang akan disebarkan di 14 kecamatan dan 75 nagari.

“Jumlah ini meningkat dari pemilihan umum tahun sebelumnya yang hanya menyiapkan 980 TPS,”tambahnya.

Pada tahun 2014 lalu, satu TPS dipergunakan untuk 500 suara sementara pemilu saat ini berbeda. Satu TPS akan diisi oleh 300 suara. Saat ini, semua kebutuhan kotak suara sudah di cek.

Baca Juga  CIMB Niaga Targetkan Transaksi KPR Capai Rp 700 Miliar di Gelaran Xtra Xpo

“Logistik yang belum cukup hanya surat suara dan formulir, karena itu memang dari pusat,”ujarnya.
Selain narapadina, pasien dirumah sakit pun akan diperlakukan hal yang sama. Bagi pasien rumah sakit yang masih berada dirumah sakit pada hari pemilihan, mereka bisa memilih di TPS terdekat yang sudah disediakan oleh KPU. Syaratnya adalah membawa KTP elektronik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here