Jalur Tol Motor Akan Ada Di Bandung Dan Juga Medan

0
Ilustrasi Tol Motor via bidikdata.com
KabarUang.com, Jakarta – Kota Bandung, Jawa Barat dan juga Medan, Sumatera Utara dinyatakan akan segera memiliki jalur khusus untuk pengendara sepeda motor di jalur jalan tol. Rencana tersebut juga telah terungkap ketika Chief Executive Officer atau CEO dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk atau disingkat dengan CMNP yaitu Tito Sulistio yang bertemu dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo. 
Meski begitu otoritas perhubungan darat mengungkapkan bahwa wacana mengenai penerapan jalur khusus sepeda motor di jalan bebas hambatan atau jalur jalan tol, akan tetap harus mengacu pada Peraturan Pemerintah atau yang disingkat dengan PP No 44 Tahun 2009 tentang Jalan Tol.
“Bisa diterapkan, hanya acuannya harus sesuai pada PP 44 Tahun 2009, yang mana harus ada marka permanen terpisah dari jalur mobil,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Jakarta kemarin seperti dikutip dari okezone com

Di samping itu juga ada hal lain nya yang musti dipertimbangkan sangat jauh dalam pemberlakuan sepeda motor di tol, yaitu soal tarif. Harusnya ada formula tarif yang menarik agar nantinya tidak memberatkan pengguna. 
Saat bertemu dengan Bambang Soesatyo, CEO CNMP Tito Sulistio itu juga menjelaskan, secara bisnis membangun jalur khusus tol motor itu tidak merugikan. Menurut pendapatnya, membangun jalur tol untuk motor juga akan sangat memberikan tambahan pendapatan bagi pengelola jalan tol di seluruh Indonesia. 
Dalam rencana CMNP, seperti yang telah disampaikan oleh Bambang Soesatyo bahwa jalan tol yang akan dibuatkan jalur khusus pengendara sepeda motor ini adalah di jalan tol dalam kota Medan sepanjang hampir 11 km dengan rute Maimoon sampai Binjai. Pembangunan jalan tol tersebut juga akan dimulai pada bulan Juni 2019.

CMNP Group pun akan membuka lagi jalan tol baru dengan fasilitas jalur khusus kendaraan roda dua di Bandung sepanjang 14 km dari Pasirkoja ke Pasopati, yang akan segera dimulai atau dikerjakan pada bulan Maret tahun ini. Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil dengan Bamsoet juga telah menjelaskan bahwa pada saat ini sedikitnya terdapat 120 juta kendaraan bermotor roda dua di Indonesia yang masih aktif. 
“Ini tentu akan memberikan akses mudah bagi pesepeda motor untuk menempuh jalur cepat dari rumah dan ke tempat kerja,” ujarnya di Jakarta kemarin seperti dikutip dari okezone com
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Ayo Kita Nginap di Museum Louvre yang Sangat Mewah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here