Jadikan Nganggur Sebagai Ajang Gali Potensi Diri, Berikut Tipsnya

Advertisement

Jadikan Nganggur Sebagai Ajang Gali Potensi Diri, Berikut Tipsnya

Nurlaila Fitriani
Minggu, 03 Februari 2019
Ilustrasi via Inews com

KabarUang.com, Jakarta – Ketika seseorang memutuskan untuk resign dari kantornya, momen nganggur bisa dijadikan sebagai ajang menggali potensi diri untuk meniti karier yang lebih baik lagi.

Biasanya momen mengganggur adalah momen dimana seseorang merasa emosional, karena memikirkan banyak hal. Pada saat ini penting perlu anda perhatikan untuk tetap produkstif dalam menggali potensi diri anda. Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk menggali potensi diri ketika anda mengganggur :

 1. Punya Tujuan yang Jelas
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika anda mengganggur adalah punya daftar tujuan yang jelas. Maksudnya anda harus memiliki daftar rencana soal perusahaan apa yang akan anda geluti selanjutnya. Hal ini sangat penting bagi anda untuk mengidentifikasi peluang kerja atau karier yang cocok bagi anda, sehingga bisa meningkatkan peluang kesuksesan anda.

2. Belajar Keterampilan Baru
Saat anda mengalami momen mengganggur, hal yang dapat anda lakukan untuk tetap produktif ialah belajar keterampilan baru. Nantinya keterampilan baru ini bisa menjadi daftar tambahan resume anda sekaligus menjadi nilai tambah diri anda. Bukan hanya itu keterampilan baru ini juga bisa menjadi peluang pekerjaan baru untuk anda yang merasa bosan dengan pekerjaan anda sebelumnya.

3. Menjadi Sukarelawan
Untuk memanfaatkan waktu kosong anda, anda bisa menjadikan diri anda seorang sukarelawan yang dibutuhkan sebuah organisasi. Anda bisa menjadi relawan di tempat penampungan hewan, panti asuhan, kelompok pengungsi, masyarakat pelestarian lingkungan, atau yang lainnya. Dengan menjadi relawan, anda bisa belajar banyak hal baru.

4. Mengerjakan Proyek Sesuai Passion 
Dilansir dari liputan6.com soal hal yang bisa anda lakukan saat anda menggangur ialah lakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion anda. Misalnya seperti mulai membuat blog, belajar membuat kompos limbah makanan, mencoba membuat situs web, atau sesuatu yang lebih kompleks dari itu.
Sembari menunggu panggilan dari lamaran yang anda ajukan melakukan kegiatan yang sesuai dengan passion anda bisa dilakukan sebagai ajang menggali potensi diri anda. Hal ini merupakan hal yang positif yang bisa anda lakukan di waktu luang.

5. Travelling
Selanjutnya tips yang bisa anda lakukan saat anda sedang menganggur ialah travelling. Mengapa tidak hal ini ada lakukan jika anda memiliki kemampuan untuk melakukannya. Dengan travelling anda bisa menjernihkan pikiran anda. Siapa sangka dengan melakukan travelling anda bisa mendapatkan ide baru perihal pekerjaan anda atau apa yang akan anda lakukan kedepannya untuk meraih kesuksesan.